Senin, 22 Agustus 2011

Blogger in Draft: Diary-nya Blogger.com

Logo Blogger in Draft


Apa itu Blogger in Draft?
Blogger in Draft adalah semacam laboratorium Blogger.com dalam membuat fitur-fitur baru sebelum diluncurkan ke publik. Namun, laboratorium ini bisa dikunjungi oleh pengguna Blogger dengan tujuan percobaan.

Jadi, kita bisa menikmati fitur versi beta ini dan bisa memberikan masukan-masukan untuk Blogger. Jika Blogger merasa fitur ini siap diluncurkan, maka fitur ini akan muncul di dashboard Blogger kita.


Blogger in Draft bisa dibilang merupakan kelebihan Blogger karena, kalau dilihat, dari dulu Blogger telah melakukan banyak perbaikan layanan yang semakin hari semakin mumpuni sebagai platform blogging gratisan. Nah, di sini pengguna akan dilibatkan untuk menentukan fitur apa yang perlu ditambah atau perlu dikurangi.

Caranya nyobain gimana?
Cara untuk mengunjungi laboratorium Blogger in Draft ini adalah dengan login ke Blogger dengan alamat http://draft.blogger.com dan bukan ke http://blogger.com biasa. Di sana, kita akan memasuki dunia lain Blogger untuk mencoba fasilitas yang belum diluncurkan ke khalayak ramai.

Berikut ini adalah tampilan standard Blogger.com dan dashboard-nya.

Blogger.com Login Page

Blogger.com dashboard

Nah, bedakan dengan draft.Blogger.com dan dashboard-nya.

Blogger in draft Login Page

Blogger in draftdashboard

Perbedaan tampilan ini tidak mempengaruhi posting atau setting blog kamu, jadi jangan takut untuk membuat posting di Blogger in Draft. Nih, postingan ini saya buat di situ, hehehe.

Karena sifatnya yang hanya eksperimen ini, kadang ada fitur yang tiba-tiba hilang dan tiba-tiba nambah di Blogger in Draft. Hal ini menandakan bahwa Blogger sedang merespon komentar publik tentang fitur-fitur yang sedang dikembangkan.

Cara ikutan diskusi gimana?
Blogger menyediakan blog untuk Blogger in Draft di http://bloggerindraft.blogspot.com yang memberikan catatan eksperimen apa yang sedang digodok dan kita bisa memberikan masukan lewat komentar di blog tersebut.

Jadi?
Jadi, kalau ingin mengetahui apa saja proyek yang lagi digarap Blogger, ngga ada salahnya untuk mencoba Blogger in Draft dan merasakan feel-nya. Goodluck terus buat Blogger yang terus berkembang dan berkarya!

UPDATE 19 September 2011: Ternyata layout yang ada di atas sudah bisa dinikmati oleh pengguna Blogger biasa, yang membuktikan bahwa teknologi yang mendapat respons baik dari forum akan dikeluarkan ke dunia nyata :D

0 comments:

Posting Komentar