Minggu, 09 Oktober 2011

RasaNusa - Game Simulasi Memasak Cita Rasa Nusantara

Suka main game masak-masak? Di sini saya mau review game salah satu teman saya dari Teknik Informatika yang diikutkan ajang kompetisi Gemastik IV 2011 soalnya dia nitip promosi di sini.

Okay, jadi game ini bernama RasaNusa hasil karya tim "Cahnom" yang beranggotakan mas Radhitya Wawan Y. (5108100147), mas Eko Wahyu Wibowo (5108100193) dan Siska Arifiani (5109100114). Game ini adalah game simulasi memasak cita rasa nusantara (saya copas dari proposalnya, hehehe).

Anyway, game ini mengingatkan saya pada Cooking Academy atau malah permainan memasaknya Harvest Moon. Bedanya, masakan atau resep yang diangkat adalah masakan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Jadi, main game ini seru karena kita harus tahu resep-resep masakan kebudayaan di tiap-tiap daerah.

Tertarik? Tertantang? Silakan baca petunjuk permainan ini di bawah.


Ohiya, kalau gambarnya tidak kelihatan, klik saja untuk memperbesar :D

I. Gambaran Umum Permainan

Pada Game ini, pemain akan memainkan sebuah karakter yang berperan sebagai seseorang yang ingin menjadi juru masak handal dalam menguasai resep masakan Nusantara. Untuk mencapai tujuannya, Pemain kemudian akan disimulasikan memiliki sebuah kedai makanan yang mana makanan yang disajikan adalah masakan hasil olahan si pemain. Semakin enak resep masakan yang dibuat oleh pemain maka semakin banyak pula resep-resep masakan yang dapat dibuat oleh pemain. Semakin banyak dan enak resep yang dapat diolah oleh pemain, semakin disukai pula kedai pemain oleh para pelanggan maka semakin banyak pula uang yang didapatkan.

Pemain dapat dikatakan telah sukses dalam memainkan simulasi pada game ini jika kedai makanan yang dimilikinya ramai dikunjungi orang, memiliki cukup uang, dan menguasai resep-resep nusantara. Pemain dikatakan gagal ketika uang yang dimiliki pemain telah habis dan pemain menjadi jatuh bangkrut sehingga tidak dapat menjalankan usahanya.

Dari gambaran yang ada, Game ini memiliki beberapa elemen simulasi, yakni Simulasi utama berupa Simulasi Memasak dan Simulasi Pendukung berupa Simulasi Manajemen Pemasaran (Penjualan Masakan) dan Simulasi Manajemen Waktu. Simulasi Memasak diwakili dengan keharusan pemain berada di dapur untuk menemukan resep yang sesuai dari berbagai khasanah resep nusantara. Simulasi Manajemen Pemasaran terwakili dengan adanya kedai masakan yang mana pemain harus tepat dalam menyajikan / memasarkan masakannya kepada pelanggan. Sementara Manajemen Waktu di dapati ketika pemain harus megalokasikan berapa banyak waktu untuk memasak, berapa banyak waktu untuk belanja bahan-bahan baku, berapa lama untuk menyajikan masakan, dan berapa untuk istirahat.

II. Tahapan Permainan

1.    Di awal running Program, pemain akan disambut dengan Splash Screen yang berisi logo Game Simulasi RasaNusa.



2.    Setelah Splash Screen, Pemain akan berada pada Screen Menu Awal yang Terdapat 3 Pilihan Menu, yakni Mulai (Memulai Game), Kredit (Halaman Pembuat Game), Keluar (Keluar dari Game). Untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya, pilih Mulai.



3.    Pemain kemudian akan diminta untuk mengisikan nama yang ingin digunakan dalam game simulasi ini.



4.     Setelah mengisikan nama, Anda akan dipandu oleh karakter Guide yang akan memberikan pengarahan mengenai petunjuk, fitur-fitur, dan lingkungan simulasi dalam game.




5.    Setelah tutorial dari Guide berakhir, Anda akan dapat mulai bermain pada Game. Pada lingkungan ini, terdapat 5 tempat yang tersedia, yakni Toko Peralatan Dapur, Toko Bumbu, Dapur, Kedai/Warung, Rumah.



6.    Toko Alat / Toko Peralatan Dapur adalah tempat Anda membeli perabot-perabot untuk keperluan memasak yang belum Anda miliki di dapur.




7.    Toko Bumbu adalah tempat di mana pemain membeli bahan-bahan baku dan bumbu untuk mengolah suatu resep masakan.



8.    Dapur adalah tempat di mana Anda melakukan aktivitas memasak, menyimpan, ataupun membuang masakan yang gagal Anda buat.






9.    Kedai / Warung RasaNusa adalah tempat usaha Anda yang berisi masakan yang telah berhasil Anda masak dan sajikan.



10.    Rumah adalah tempat pemain beristirahat setelah energi / stamina terkuras untuk beraktivitas. Dengan istirahat di rumah, energi pemain akan kembali pulih sehingga dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.



11.    Pemain dapat keluar dari permainan dengan menekan button menu dan memilih opsi Keluar.



12.    Pemain akan diarahkan kembali ke menu awal yang terdapat 3 pilihan. Untuk mengetahui tim pembuat, pemain dapat memilih opsi Kredit.




13.    Untuk Mengakhiri permainan pilih Keluar dan Anda akan keluar dari Game Simulasi RasaNusa.


Demikian penjelasan singkat gamenya :) Goodluck buat tim Cahnom, semoga mendapatkan yang terbaik. Amin.

4 comments:

wachyuni mengatakan...

ini siska nih ya yang minta di post kan?? hahaha.. sip sip.. kalo menang jangan lupa traktiran yak :D

Rigga mengatakan...

hahaha keren,salam kenal saya rigga 08,temennya radit

Gamenya radit emang keren ni,kemarin pas kuliah RV, game nya bagus sayang belum selesei karena skalanya besar, g disangka -sangka masuk ke gemastik

visit me http://riggawidar.blogspot.com

Teddy TV mengatakan...

Apakah saya boleh minta link download gamenya? Saya ingin menjadi tester game ini untuk ditampilkan di blog saya

Vika F. Insanittaqwa mengatakan...

Ini link yang dikasi temen saya untuk game-nya, saya sendiri belum nyoba hhha

http://www.4shared*.com/file/qogRJLIm/RasaNusa.html

(hilangkan tanda bintang)

Posting Komentar