Selasa, 31 Januari 2012

Mata Kuliah Semester 5: Grafika Komputer

lumba-lumba
Sumber gambar: codesource.net

Grafika Komputer (3 sks) mempelajari bagaimana meng-koding bentuk 2D dan 3D dengan bantuan OpenGL. OpenGL itu seperti library tambahan dan nantinya kita tetap ngoding di compiler C yang kita punya (bisa Dev-Cpp atau Ms Visual Studio).

Okay, so, Grafika Komputer itu seperti ngoding bentuk-bentuk geometri untuk menjadi suatu kesatuan yang artistik. Misalnya jika kita ingin membuat sebuah rumah 2D (seperti gambar anak SD), kita harus membuat atapnya yang segitiga, temboknya yang kotak, pintunya yang persegi panjang, dsb dengan OpenGL.

Tahap-tahapnya mungkin bisa saya ceritakan sebagai berikut:

1. Membuat bentuk
Pertama harus bisa membuat bentuk sederhana dan mempelajari fungsi-fungsi menggambar dari OpenGL. Misalnya kalau ingin membuat polygon, kita harus memakai GL_POLYGON, dsb... Lalu, yang penting juga adalah koordinat di openGL dan
dasar-dasar OpenGL.

Sumber gambar: velociraptor.mni.fh-giessen.de

2. Input
Program gambar kita juga bisa menerima input dari keyboard dan/atau mouse. Misalnya kalau kita klik-kanan mouse, akan muncul menu pilihan, dsb. Atau kalau kita tekan arrow keys, nanti gambarnya bisa pindah, dsb...

3. Transformasi
Objek gambar kita juga bisa transformasi, misalnya berotasi, translasi, dilatasi, dsb...

4. Viewing
Nanti kita akan belajar menggerakkan "kamera" sehingga objek gambar bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Pada saat ini harusnya sudah bisa gambar 3D ya, hehehe.

5. Light, shadow, texture
Lalu untuk sentuhan akhir, ada lighting, shadow, dan teksture untuk membuat objek gambar kita semakin nyata.

Sumber gambar: just.edu.jo

Ohiya saya juga pernah nulis bagaimana ngoding grafkom di Dev-Cpp di artikel ini.

Buku : Edward Angel, “Interactive Computer Graphics: A Top-Down Approach Using OpenGL”, Fifth Edition
Aplikasi : Dev-Cpp dan install package OpenGL (lihat caranya di sini).
Bahasa : C dan OpenGL
Praktikum : -
Final Project : Ya. Membuat aplikasi yang mengimplementasikan materi selama 1 semester. Kebanyakan tentang eksplorasi ruangan (ada sebuah ruangan, ada meja, kursi, tivi, dsb, dan user bisa berjalan menelusuri ruang tsb), namun tidak menutup kemungkinan untuk mengembangkan aplikasi lain :)

1 comments:

Anonim mengatakan...

bisa minta source code sama hasil debugnya ga ??? sy ada tugas nih,, kenalin gw bobby anak Informatika 2010 ITI add fb B_boy_hot@yahoo.com atau Bobby Bindonk

Posting Komentar