Rabu, 16 Februari 2011

Install Wordpress Offline dengan XAMPP

gambar: sixrevisions.com

(Tulisan ini merupakan kelanjutan dari eksperimen saya dengan wordpress)

Ternyata wordpress bisa juga diinstall secara offline. Jadi, kita nggak perlu membuat akun di webhosting, atau mendaftarkan alamat url. Yang kita perlukan hanya XAMPP.

Saya sedang dalam proses untuk mempelajari bagaimana menginstall wordpress dengan XAMPP ini, soalnya ada tugas dari Media SITC untuk mendesain layout webnya (padahal saya cuma bisa dikit-dikit :P). Saya juga masih belum familiar dengan blog yang hosting sendiri. Ternyata kemarin tidak sengaja nemu artikel tentang bermain-main dengan wordpress secara offline.

Jadi, singkatnya, saya belajar XAMPP ini dari internet dan menemukan kesimpulan sebagai berikut:

Pertama-tama, keuntungan memakai XAMPP adalah:
- Kita nggak perlu pake FTP untuk upload konten web kita ke hostingan, cukup dengan local server
- Kalau kita salah-salah (dalam mendesain, misalnya), nggak bakal ketahuan
- Apapun yang kita lakukan dengan XAMPP tidak akan berdampak pada website yang sesungguhnya karena kita hanya melakukan perubahan di komputer lokal
- Mudah

Untuk memulai, kita harus install XAMPP dulu. Jika kita hanya ingin bermain-main dengan wordpress, maka bisa dicukupkan untuk install XAMPP Lite aja (yang kecil). Kalau ingin yang lebih besar dan komplit, langsung install XAMPP aja.

Install XAMPP ini ke folder root, atau C: kalau di windows (pada umumnya).

Lalu, masuk ke folder XAMPP dan cari file xampp_control.exe untuk menuju ke control centernya XAMPP. Dari sini, kita harus mengakifkan Apache dan MySql.

Kalau sudah, buka web browser dan ketikkan alamat localhost http://localhost/xampp/splash.php. Jika terpampang logo XAMPP dan pilihan-pilihan bahasa, maka instalasi telah dinyatakan sukses. Pilih salah satu bahasa.

Setelah masuk ke halaman berikutnya, akan ada menu-menu di sebelah kiri. Pilih menu Tools->phpMyAdmin untuk membuat database untuk menyimpan wordpress. Apa fungsi database ini? Alhamdulillah saya sudah ngerti karena sudah ambil kuliah Basis Data di semester 3 kemarin :)

Lanjut. Buat sebuah database baru di halaman yang baru muncul, dan beri nama wordpress dengan format utf8 unicode ci.

Proses persiapan dengan XAMPP telah selesai. Sekarang tinggal download wordpress dan extract file wordpress ke folder C:\xampp\htdocs\

Lakukan perubahan dengan file wp-config-sample.php yang menyangkut masalah nama database, mysql username, password, dan hostingan.

Install wordpress tersebut dengan pergi ke alamat http://localhost/wordpress/wp-admin/install.php di browser. Ta-da~!!

Dengan begitu, sekarang wordpress kita telah bisa dilihat di web browser secara offline dengan mengunjungi http://localhost/wordpress

Hahaha bagi yang bingung membaca, silakan praktek sendiri aja dengan beberapa contoh panduan ini. Goodluck :)

Installing Xampp and WordPress
Installing WordPress on local Windows using Xampp

Saya juga mau nyoba. Mungkin suatu saat saya akan kasih screenshotnya dan akan menjelaskan langkah demi langkah.

0 comments:

Posting Komentar