Jumat, 28 Januari 2011

Mata Kuliah Semester 3

Singkat cerita, semester 3 yang penuh perjuangan ini berakhir, meskipun banyak cobaan di akhir semester kemarin (fiuh). Di sini saya pengin menuliskan ulasan singkat mengenai mata kuliah yang saya ambil di semester itu.

Jadi, sks wajib di semester 3 ada 20 sks: Basis Data (4), Pemrograman Berorientasi Objek (4), Komputasi Numerik (3), Statistika Komputasional (3), Sistem Operasi (4), Rekayasa Perangkat Lunak (2). Berikut ini adalah penjelasan singkat masing-masing mata kuliahnya:

1. Basis Data (4 sks)
Basis data merupakan mata kuliah yang sangat penting karena mempelajari bagaimana data disimpan dan dimanipulasi. Ilmu basis data dipakai di SEMUA aplikasi software IT. Jadi, aplikasi-aplikasi yang mungkin terlihat gampang dibuat yang kita kenal selama ini memiliki struktur basis data yang rumit (diperlukan kepintaran untuk mendesain basis data). Kalau basis data yang dibuat salah, maka aplikasi akan dinilai jelek dan kemungkinan kita akan kesulitan untuk mengembangkan aplikasi itu. Wew.

Di kuliah ini terdapat praktikum yang dibagi menjadi 3 modul dan 1 final project. Modul-modulnya sangat penting untuk menunjang pengetahuan tentang basis data.
Modul 1: CDM, PDM.
Modul 2: DDL, DML.
Modul 3: Query.

Cukup banyak software yang kita pakai dalam kuliah ini. Untuk membuat CDM, PDM, dan DFD kita memerlukan Power Designer (versi 6 dan 12). Untuk membuat database, kita memakai Oracle XE dan SQL Developer (atau bisa juga pakai SQL Raptor). Untuk akhirnya membuat aplikasi komplit, kita pakai Visual C# (pakai Visual Studio juga bisa). Plus untuk membuat video aplikasi kita pakai Camtasia Studio (cuma buat final project).

Contoh CDM (masih salah tapi)
dibuat dengan Power Designer 12

Bahasa yang dipakai: SQL dan C#
Buku:  Database Management Systems 3rd Edition (by Ramakrishnan dkk)


2. Pemrograman Berorientasi Objek (4 sks)
Kuliah ini adalah lanjutan dari kuliah-kuliah pemrograman yang lain. Jika pada saat Algoritma dan Struktur Data (semester 2) sudah menerapkan Class, maka kuliah ini bisa dibilang mudah.

Yang baru dari kuliah ini adalah pendalaman tentang class. Kita akan mempelajari class diagram, hubungan antar class, konsep inheritence dan lain-lain (yang dijamin menyenangkan) :))

Software yang dipakai: Jude Community atau Star UML (untuk membuat class diagram), Visual Studio (untuk membuat program, namun bisa memakai yang lain).
Bahasa yang dipakai: C++



Contoh class diagram (masih salah dan berantakan)
dibuat dengan Jude


Kuliah ini tidak memiliki praktikum, tapi ada final project yang cukup menantang untuk mengasah kemampuan kita memrogram dengan class. Contoh final project saya adalah membuat simulasi sistem kereta api dengan class.

Buku: C++ How to Program, Fifth Edition (By H. M. Deitel)


3. Komputasi numerik (3 sks)
Kuliah ini mempelajari banyak metode untuk melakukan operasi matematika. Metode-metodenya antara lain:
- untuk mencari akar persamaan: metode grafik, metode tabulasi, metode bolzano, metode regula falsi, metode iterasi, metode newton-raphson, metode secant, metode akar ganda.
- untuk pencocokan kurva: metode regresi kuadrat terkecil, metode regresi polinomial, metode interpolasi (linear, kuadrat, newton-gregory, gauss, striling, bessel, lagrange, hermite)
- untuk mencari diferensial dan integral: metode newton-gregory, stirling, lagrange, trapezoida, simpson, kuadratur
- untuk persamaan diferensial: metode euler-cauchy, metode heun ss, metode runge-kutta, metode picard, metode taylor, metode heun ms, metode adam, metode milne, metode adam-moulton

Wow, lumayan banyak juga rupanya. Dinikmati saja kuliahnya, hahaha :D

Software yang dipakai: calculator dan microsoft excel :P
Buku: Numerical Methods for Engineers 5th ed., by Chapra, S.C dkk, McGraw-Hill, 2006 (tapi dalam prakteknya kita tidak pernah memakai buku kok)



4. Statistika Komputasional (3 sks)
Seperti namanya, kuliah ini mempelajari metode-metode statistik yang dipakai di dunia IT. Materi yang dipelajari antara lain: probabilitas, variabel random (diskrit dan kontinu), ekspektasi, dll.

Yang penting, semua materi dipelajari dari awal secara serius karena materi cukup sulit (bagi saya), sehingga jika bagian awal tidak mengerti akan susah untuk memahami bagian akhir. T_T

Software: tidak ada.
Buku: Probability and Statistics for Engineers and Scientist 8th ed (Ronald E. Walpole, dkk)


5. Sistem Operasi (4 sks)
Kuliah ini menyenangkan karena kita akan mencoba sistem operasi baru, yaitu Ubuntu (atau distro Linux lainnya). Jadi, siap-siap saja mengorbankan membuat laptop jadi dual boot (bahkan triple hehehe).

Kuliah ini mempelajari sistem operasi linux, mulai dari command-command di terminal sampai cara membuat program C di linux. Asyik. Ada praktikum dan final project tentunya, yang ditugaskan untuk membuat distro linux sendiri.

Ini adalah terminal di ubuntu versi 10.10. Bagus, kan?

Sistem Operasi: Ubuntu/ yang lain
Software: text editor di ubuntu, shell (terminal) ubuntu
Buku: tidak ada yang spesifik, tapi disarankan membaca beberapa buku tentang:
- tentang command di linux (shell programming)
- Advance Linux Programming (by Mark Mitchell, Jeffrey Oldham, and Alex Samuel)
- Linux Kernel Module Programming Guide
- Linux From Scratch (LFS) dan Beyond Linux From Scratch (BLFS) <-- untuk final project


6. Rekayasa Perangkat Lunak (2 sks)
Kuliah ini sebenarnya hanya menambah pengetahuan tentang bagaimana software bisa diciptakan dari kantor pengembang software hingga sampai ke pengguna. Namun, kuliah ini memiliki final project yang hampir mirip dengan basis data (mungkin karena dosennya sama). Jadi, kuliah yang 2 sks serasa menjadi 4 sks...

Buku: Software Engineering A Practitioners Approach 7th Edition (by Roger S. Pressman)


Yah begitulah kuliah semester 3 kemarin yang (meskipun cuma 6 mata kuliah tapi) cukup merepotkan pada akhir semester karena ada beban 4 final project dan modul-modul yang belum kelar. Pengalaman untuk semester depan adalah selalu berusaha untuk memahami kuliah meskipun masih di awal-awal semester supaya nggak kerepotan di akhir-akhir nanti. Bismillah.

2 comments:

C1NT4KU mengatakan...

sebelumnya minta maaf sekilas artikelmu tlah ku baca,walau diawal pembukaan di persilahkan untuk baca... alangkah baiknya permisi dulu.semoga bermanfaat kuliahnya,amien

choco's is mooviie mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai star UML, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/4142/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Poskan Komentar