Minggu, 05 Februari 2012

Kerja Praktek: Apa dan Bagaimana?


Sumber gambar: urbaninterns.com


Saat ini, di sela-sela liburan semester ganjil ini, saya dan teman saya Eva angkatan 2009 melaksanakan kerja praktek di Telkom di Ketintang Surabaya. Kerja praktek adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa Teknik Informatika yang berbobot 2 sks.

Kerja praktek baru bisa diambil jika mahasiswa berada di semester 5 ke atas. Karena semester 5 kemarin sudah berakhir, jadi saya bisa mulai kerja praktek deh.

Masalahnya, kerja praktek membutuhkan persiapan bagi pesertanya karena membutuhkan persetujuan dari perusahaan: apakah diterima kerja praktek di perusahaannya atau tidak. Kalau diterima, ya alhamdulillah. Kalau tidak, maka mau tidak mau mahasiswa harus mencari perusahaan lain.

Nah, waktu pencarian inilah yang membutuhkan waktu. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kerja praktek dipersiapkan dari semester awal. Yah, paling ngga satu tahun sebelum kerja praktek lah (pas semester 3/4)...

Apa saja yang perlu dipersiapkan dan syarat-syarat kerja praktek di TC?


Pertama-tama perlu diketahui siapa koordinator kerja praktek di TC. Beliau adalah ibu Isye Arieshanti, S.Kom, M.Phil. Dan beliau sempat memberi sosialisasi terkait KP waktu saya akhir-akhir semester 5 kemarin. Sosialisasi tsb bisa saya rangkum sebagai berikut:

Cara pengajuan KP:
1. Sks min 90 sks (semester 5 ke atas)
2. Cari informasi tempat KP + contact person di perusahaan tsb
3. Siapkan proposal
Template proposal bisa nanya ke mas/mbak senior. Satu kelompok KP dua orang (tidak harus dari bidang minat yang sama). Ada ttd koordinator KP.


4. Ambil dan isi form pendaftaran di TU
Berisi identitas dan info perusahaan tujuan KP untuk dibuatkan surat pengantar jurusan ke perusahaan tsb. Ada ttd koordinator KP dan dosen wali. Setelah diisi dan ditandatangani, dikasihkan ke TU lagi dan menunggu surat pengantar jadi.

Setelah surat pengantar jadi, antar/kirim surat tsb beserta proposal ke perusahaan yang dituju. Cek secara berkala apakah diterima atau tidak. Bisa jadi proposal hilang/ketelisut, dsb. Lakukan pemantauan dengan contact person perusahaan tadi.

5. Daftar mata kuliah KP di FRS Online
Misalnya saya KP pada waktu libur semester ganjil, maka saya daftarnya pada waktu semester genap karena nilai akan dimasukkan pada waktu kita selesai KP dan laporan sudah jadi.

6. (Kelanjutan dari no. 4) Kalau diterima, beritahu koor KP
Nanti koor KP akan menunjuk dosen pembimbing TC untuk kelompok kamu.

7. Setelah tahu dosen pembimbing, silakan menghadap beliau
Sebelum berangkat KP, paling tidak sudah bertemu dosen pembimbing selama 1 kali untuk diberi pembekalan, dsb.


Setelah itu, dimulailah perjalanan KP di tempat masing-masing :D Pada saat pelaksanaan, tim akan mendapat tugas dari dosen pembimbing yang ada di tempat KP. Jadi dosen pembimbingnya ada dua: di Teknik Informatika dan di perusahaan.

Kalau sudah KP dikerjakan tugasnya dan taati aturan perusahaan dan jangan bolos hhha. Kalau bu Isye bilang kemarin: KP adalah salah satu kesempatan untuk membuka path career berikutnya. Kalau Anda bagus kerjanya waktu KP, bukan tidak mungkin nanti akan direkrut beneran. Kira-kira seperti itu :D

Setelah selesai KP dengan waktu yang ditentukan saat proposal, maka kita harus:
1. Minta nilai KP dari pembimbing di perusahaan
Form nilai KP ini tergantung dari perusahaannya (ada yang punya format sendiri, ada yang tidak). Untuk siap-siap, kalau KP-nya jauh, mendingan sekalian bawa form penilaian dari jurusan untuk dinilai pada waktu KP selesai. Kalau sudah dapat nilai, tunggu proses selanjutnya.

2. Lapor ke dosen pembimbing di jurusan dan susun laporan KP
Konsultasikan pembuatan ini ke dosen pembimbing juga biar sippp.. Revisi bisa sampai berkali-kali jadi yang rajin dan sabar nge-print yaa. Kalau sudah fix, nanti dijilid warna merah (tanya Ruang Baca) dan ditandatangani kedua pembimbing.

3. Kalau laporan selesai, segera hubungi Ruang Baca Teknik Informatika (RBTC) dan hubungi mbak Eva
Laporan KP harus dijilid warna merah ukuran A5, bisa dijilid di ruang baca (nunggu beberapa hari) atau jilid sendiri di fotokopian luar. Laporan ini harus ditandatangani KEDUA dosen pembimbing (jurusan dan di tempat KP). Untuk jumlah jilidnya, kemarin saya ngumpulkan 2 jilid. Satu buat pembimbing di lapangan, satu buat RBTC.

Lalu jangan lupa di-burn di CD dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Laporannya dalam bentuk PDF yang diproteksi (no copy, no print). Kemarin saya pake PrimoPDF buat ini.
  • Disertakan juga source code-nya
  • Cover warna merah, seperti laporan
Setelah mengumpulkan laporan KP dan CD + Aplikasi ke Ruang Baca, minta tanda terima sudah mengumpulkan laporan ke mbak Eva. Tanda terima ini dibutuhkan untuk langkah no-5.

4. Kalau sudah, saatnya penilaian dosen pembimbing Jurusan

Dosen mungkin akan meminta kamu demo aplikasi. Kalau sudah, ambil form penilian yang bisa diambil di TU. Terus, dikasihkan ke dosen pembimbing Jurusan buat dinilai. Kalau sudah dapat nilai, lanjut ke no-5.

5. Lalu, dosen pembimbing atau mahasiswa menyerahkan nilai tsb ke koor KP 
Nilai yang diberikan ada 2: yang dari lapangan dan dari jurusan. Lalu, untuk menunjukkan bahwa laporan sudah selesai dikumpulkan di RBTC, tanda terima dari langkah 3 biasanya ditunjukkan ke Koordinator KP baru kemudian nilainya masuk ke sistem informasi akademik/FRS Online.



Demikianlah yang bisa saya share tentang KP. Akhir kata, rencanakan KP kamu sejak dini biar tidak ribet nanti :D

12 comments:

Ahmad Saadillah mengatakan...

salam kenal mbak... admin...
dari universitas mana?

Adang N M I mengatakan...

nice info mba,,, saya termasuk yang bebal dengan teori,, saya lebih suka dengan praktek...


salam hangat dan follow juga
Revolusi galau

I Wayan Juniarsana mengatakan...

nice info....thanks

Fathur mengatakan...

Mantaps..

Thanks infonya

Heno yatri mengatakan...

Mantap... informasinya..

Faris Arifiansyah mengatakan...

Haha mantap :D

Garuda mengatakan...

asik dapat ilmu baru ttg magang

Jual Alat Bekam mengatakan...

Alhamdulillah, jazakumullah ukhti atas infonya

Foto Ilustrasi mengatakan...

Makasih banget ilmunya mbak

Mj Fauzy mengatakan...

Sangat membantu. Terima kasih..

Mj Fauzy mengatakan...

Sangat membantu. Terima kasih..

arsi fathur mengatakan...

bagus gan, artikelnya bermanfaat banget buat mahasiswa kaya saya.
visit blog saya juga ya gan.

http://www.forumteknologiterbaik.blogspot.com

jangan lupa like, share dan tinggalkan komentar juga.
semangat buat bikin artikel selanjutnya gan

Posting Komentar