Sabtu, 23 Juni 2012

Bidang Minat di Teknik Informatika

Tulisan ini dibuat pada saat kurikulum 2009-2014 masih dipakai. Tidak ada jaminan bahwa kurikulum ini akan dipakai seterusnya di jurusan ini.

Artikel pendek ini akan mencoba bercerita tentang bidang minat di Teknik Informatika ITS. Bagi mahasiswa di sini, wajib hukumnya mengetahui dan memilih salah satu dari 3 bidang minat yang ada. Apa itu?

Definisi
Menurut saya, bidang minat itu seperti spesialisasi keahlian dalam Teknik Informatika, karena bidang informatika itu luas banget. Nah karena luasnya tersebut, maka mahasiswa bisa memilih salah satu saja untuk lebih dikhususkan dalam fokus yang lebih kecil.

Mudahnya, bidang minat itu seperti penjurusan waktu SMA dulu (IPA, IPS, BAHASA). Dan di jurusan Teknik Informatika juga ada yang seperti itu.


Apa aja emang?
Bidang minat di Teknik Informatika ada 3, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Network Centric Computing (NCC) dan Komputasi Cerdas dan Visualisasi (KCV). Keren, ya?

Bedanya apa?
Gampangnya, di kalangan mahasiswa Informatika suka menafsirkan bahwa RPL itu adalah buat orang-orang yang suka bikin program (ngoding) dan membuat dokumentasi program. NCC untuk mahasiswa yang suka main di jaringan, dan KCV buat yang suka ngitung-ngitung, kalkulus, dan pengolahan gambar secara digital.

Namun, tentu saja itu cuma tafsiran mahasiswa saja. Untuk lebih jelasnya mungkin saya belum mampu menjelaskan lebih lanjut maksud dari ketiga bidang minat itu apa. Yang jelas, selama kuliah di sini, definisi itulah yang paling populer di kalangan mahasiswa sendiri.

Untuk lebih jelasnya bisa googling atau tanya langsung ke orang yang lebih berpengalaman.

Kapan memilih bidang minat?
Mahasiswa Teknik Informatika harus menentukan pilihan pada waktu masuk semester 6. Mulai semester tersebut, mata kuliah yang diambil tidak boleh sembarangan karena ada aturan yang mengharuskan mahasiswa mengambil minimal 6 mata kuliah DI BIDANG MINAT YANG SAMA untuk lulus.

WOW. Susah nggak milihnya?
Menurut pengalaman pribadi, perlu doa dan minta restu orang tua untuk memantabkan minat. Soalnya mahasiswa yang suka galau kadang susah menentukan minat yang cocok. Lagipula bidang minat ini juga berhubungan dengan Tugas Akhir (baca: skripsi) yang akan kita ambil di semester-semester akhir nanti, jadi ngga boleh sembarangan.

Mata kuliahnya apa aja?
Menurut website Teknik Informatika di if.its.ac.id, penjabaran bidang minat itu seperti berikut:


     Bidang Keahlian Komputasi Cerdas dan Visualisasi (KCV)

    Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini terutama ditekankan pada kemampuan lulusan dalam memanipulasi dan menganalisis data citra pada berbagai bidang aplikasi (a.l. biomedika, industri), kemampuan menerapkan  metode sistem cerdas pada berbagai bidang aplikasi dan kemampuan memodelkan  dan mengoptimasikan sistem nyata.

Mahasiswa yang memilih bidang keahlian ini diwajibkan (minimal) mengambil 6 mata kuliah bidang keahlian KCV, antara lain:
Analisis Data Multivariat,
Data Mining,
Kecerdasan Komputasional,
Simulasi Sistem Diskrit,
Data Warehousing,
Pengolahan Citra Digital,
Simulasi dan Game Komputer,
Sistem Temu Kembali Informasi,
Visi Komputer,
Optimasi Nonlinear,
Pemrograman Robot,
Topik Khusus Komputasi Cerdas dan Visualisasi.

     Bidang Keahlian Komputasi Berbasis Jaringan/Net Centric Computing (NCC).

    Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang keahlian ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam membangun infrastruktur jaringan yang aman, kemampuan membangun sistem grid, Kemampuan membangun aplikasi jaringan sesuai Standard dan Kemampuan membangun aplikasi multimedia berbasis jaringan.

Mahasiswa yang memilih bidang minat ini diwajibkan (minimal)  mengambil 6 mata kuliah bidang NCC, antara lain:
Jaringan Nirkabel dan Komputasi Bergerak,
Sekuritas Jaringan,
Sistem Terdistribusi,
Teknologi antar Jaringan,
Jaringan Multimedia,
Komputasi Grid,
Perancangan dan Manajemen Jaringan,
Teknik Kompresi,
Topik Khusus Komputasi Berbasis Jaringan.

    Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

    Mata kuliah yang ditawarkan dalam bidang minat ini ditekankan pada Kemampuan lulusan dalam melakukan pengujian perangkat lunak, Kemampuan mengelola   proyek perangkat lunak,  Kemampuan mengurangi resiko kesalahan perangkat lunak, dan  Kemampuan membuat  perangkat lunak game.

Mahasiswa yang memilih bidang keahlian ini diwajibkan (minimal) mengambil 6 mata kuliah bidang RPL, antara lain:
Animasi Komputer,
Audit Tata Kelola TI,
Manajemen Proyek Perangkat Lunak,
Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak,
Evolusi Perangkat Lunak,
Pembuatan Game,
Pola dan Arsitektur Perangkat Lunak,
Topik Khusus Rekayasa Perangkat Lunak,
Pemrograman Perangkat Mobile
Realitas Virtual.


Nah diharapkan bisa lebih jelas setelah baca di atas ya, hehe.

Kamu sendiri milih apa?
Karena saya sudah semester 6, kemarin sudah memantabkan hati ke jalan RPL.

Kenapa?
Kalau KCV, banyak ngitungnya (menurut saya) padahal saya ngga suka kalkulus. Kalau NCC, saya ngga cocok sama ngutak-atik jaringan karena mistis*.

*Refer to kuliah Jarkom semester 4

Susah ngga RPL?
Menurut saya masing-masing bidang punya suka duka sendiri, dan alhamdulillah di antara banyak tugas kodingan dan sebagainya, banyak teman-teman yang saling membantu jadi dinikmati saja.

Lho kok jadi curhat?
Iya sepertinya cerita tentang bidang minat cukup dulu. Untuk ke depannya mungkin saya bakal banyak cerita tentang bidang minat RPL karena di sinilah saya. Oke cukup sekian terima kasih.

5 comments:

kingkong mengatakan...

Thank's gan infonya !!!!

peluang agen tiket

Fikri Maulana mengatakan...

thanks Gun..

ehhh gan

Catatan Hidup mengatakan...

Aku semester 3 baru tahu yg beginian. Thank you mbak.

Rizal Irhas mengatakan...

Terima kasih infonya cukup membantu buat mahasiswa yang lagi galau peminatan jurusan kuliah

Pandu Wijaya mengatakan...

mantap

Posting Komentar