Senin, 08 Oktober 2012

Mata Kuliah Semester 6: Realitas Virtual



Kuliah ini (3 sks) adalah salah satu dari paket kuliah pembuatan game bidang minat RPL yang bisa diambil di semester genap, khususnya semester 8. Kuliah pembuatan game yang lainnya adalah Animasi Komputer dan Pembuatan Game yang belum saya ambil :)

Kuliah ini, seperti namanya, adalah kuliah seputar game yang menekankan aspek realitas dalam dunia virtual. Pada awal kuliah kita akan dijelaskan artinya dan contohnya. Lalu, kita akan mendapat beberapa tugas individu dan kelompok untuk implementasi.

Pengalaman kemarin, tugas individunya adalah review aspek realitas virtual pada suatu game (terserah). Jadi, bagi para gamer, mungkin ini mudah karena sudah berkutat dengan dunia game dan tahu jenis game yang mana yang sarat dengan nilai realitas virtual. Setelah review, kita akan diberi koreksi dan penilaian.



Lalu, kita harus bisa membuat game yang menerapkan realitas virtual. Ciri gampangnya adalah: game harus mengimplementasikan hal-hal yang benar-benar terjadi di dunia nyata. Jadi, kita tidak boleh membuat game Alien Invasion karena di dunia ini belum ditemukan kejadian itu. Kita juga tidak boleh membuat game Zombie Apocalypse karena belum ada zombie, dsb.

Untuk bahasa pemrograman, terserah mau pake apa. Jenis game juga terserah, desktop atau mobile, yang jelas gamenya harus niat.

Kemarin sih saya dan tim membuat game simulasi berhaji yang menerapkan langkah-langkah dalam menunaikan ibadah haji, mulai dari tiba di bandara sampai pulang lagi ke bandara. Bikinnya pakai Adobe Flash CS5 dan Action Script 3, plus desain dari GIMP dan googling.

Setelah bikin game, kita akan bikin pemodelan realitas virtual dari lokasi yang benar-benar ada di dunia nyata. Misalnya kelompok saya kemarin bikin modelnya Masjid Manarul Ilmi, dimana kita meniru bentuk masjid semirip-miripnya dan kita bisa jalan keluar-masuk modelnya seperti di dunia nyata. Bikinnya bisa pakai UDK (Unreal Development Kit) atau Unity.

Kemarin sih saya pakai Unity, soalnya lebih ringan daripada UDK. Terus model-model bangunannya kami buat di Google Sketchup pro 8. Bisa juga pakau 3Ds MAX, tapi berat dan ribet sekali interfacenya XD

Singkat cerita, kuliah ini kudu rajin karena seperti ada 2 proyek: proyek game dan proyek model 3D. Tapi inshaAllah dengan kegigihan dan banyak-banyak ngebut di lab, semua bisa selesai tepat waktu :D

0 comments:

Posting Komentar