Selasa, 09 Oktober 2012

Mata Kuliah Semester 6: Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak

gambar: xensoft.biz


Kuliah Verval atau VnV bisa diambil di semester 6, dan merupakan kuliah bidang minat RPL. Kuliah ini mempelajari bagaimana cara menilai kualitas software dan teori-teori dasarnya.

Pengalaman kuliah kemarin, di kuliah ini tidak ada ngoding dan lebih ke arah analisa dokumen. Pertama-tama akan diajarkan cara menggali kebutuhan dengan studi kasus dan dari situ akan lanjut ke analisa langsung ke software.

Kelompok harus bisa menemukan dokumen SKPL milik software terserah (yang benar-benar ada) dan akan menganalisa dokumen itu dan membandingkannya dengan software hasilnya. Software tersebut juga akan dianalisa fiturnya dsb dan kita akan membuat dokumen lagi, horee.

Terus tugas yang asyik itu adalah tugas testing software. Jadi, kita harus mencari software testing yang dibuat khusus untuk tujuan testing, lalu dengan software ini kita akan melakukan testing ke software lain. Kemarin saya menggunakan Marathon untuk software testing dan PDFSam untuk subjek testing. Hasil testing akan menjadi pengganti UAS :D

Sepertinya jadi ingat masa-masa APS...

0 comments:

Posting Komentar