Senin, 28 Juni 2010

Mata Kuliah semester 2

1. Algoritma dan Struktur Data
Mata Kuliah ini adalah lanjutan dari mata kuliah Pemrograman Terstruktur dari semester 1 yang lalu. Intinya masih pemrograman, namun lebih berfokus ke struktur data.

Nanti akan mempelajari Class, Linked List, Queue, Stack, Tree, Binary Search Tree, Hashing... Lebih mengarah ke pemrograman berorientasi objek karena sudah pakai class dan berbeda sekali dengan pemrograman terstruktur dulu.

Bahasa yang dipakai adalah bahasa C++. Dalam praktikum juga diperkenalkan C++/ CLI dan Allegro. Masih menggunakan software Dev-Cpp namun sudah dikenalkan sama Visual Studio 2008.

2. Organisasi Komputer
Mata kuliah ini hanya mempelajari teori tentang komputer dan organisasinya.

3. Teori Graph dan Otomata
Dibagi menjadi dua: Graph dan Otomata. Graph mempelajari apa itu graph dan penggunaan-penggunaannya. Sedangkan Otomata adalah mempelajari bahasa-bahasa yang tidak bisa dilepaskan dari pembahasan graph.

Sekilas pelajarannya cuma gambar bulat-bulat lalu dikasih garis mirip seperti molekul kimia (kata Fe teman saya anak Kimia). Namun implementasinya sangat luas dan rumit.

Akan dipelajari sangat BANYAK algoritma dan inilah yang membuatmata kuliah ini menantang.

4. Matematika Diskrit
Mirip dengan mata kuliah aljabar linier semester 1. Di sini kita akan mempelajari beberapa konsep matematika yang beberapa sudah tidak asing lagi, seperti himpunan, fungsi, dll.

5. Agama Islam
Karena agama saya Islam maka saya mengambil mata kuliah agama Islam yang merupakan salah satu mata kuliah umum/ bersama. Pelajarannya hampir sama seperti di SD, SMP, dan SMA namun lebih dituntut berpikir kritis dan membahas-masalah yang lebih umum di masyarakat sekarang.

6. Kalkulus II
Yang dipelajari jauh lebih rumit daripada kalkulus I yang kebanyakan masih mirip-mirip sama SMA, namun di kalkulus II banyak sekali hal-hal baru bermunculan.

Begitulah menurut saya mata kuliah semester dua ini...

1 comments:

Posting Komentar