Kamis, 14 Oktober 2010

Pengalaman Instal Ubuntu yang Serem



Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang penggunaannya cukup populer (paling tidak di kalangan mahasiswa Teknik Informatika ITS, hehe). Namun, seperti yang diketahui, karena Windows lebih populer maka jarang ada yang bisa pake Linux. Apalagi saya yang masih semester 3 ini :(

Nah, di semester 3 ini ada mata kuliah mengasyikkan bernama "Sistem Operasi" yang (menurut saya) mempelajari tentang seluk beluk sistem operasi dengan menggunakan Linux. Karena itu, mahasiswa harus bisa mengoperasikan OS satu ini.

Dari sekian banyak distro, saya pilih Ubuntu karena kebetulan saya punya CDnya (tapi versi 8.10). Awalnya sih, cuma instal lewat virtual machine (VirtualBox), tapi seiring berjalannya waktu, rasanya ingi sekali mencicipi OS ini secara keseluruhan.

Jadi, dengan setengah nekad setengah niat, saya coba bikin dual boot di lepi yang sudah ada WinXpnya. Awalnya takut-takut. Tapi setelah siap (siap backup, siap peralatan, siap mental), saya kemarin akhirnya menginstalnya.

Langkahnya tidak mudah. Saya ngga pake software partisi buat membikin partisi Ubuntu, tapi langsung pake CD ubuntunya. Alhamdulillah proses bikin partisi ini berhasil. Namun, saat proses instalasi berjalan, MATI LAMPU BOK!!! MasyaAllah, padahal leptop saya ngga pake batere (saya cabut, terus langsung dari colokan PLN). Wah..wah... Saya bener-bener takut hardisk saya rusak...

Ternyata, alhamdulillah masih bisa booting Windows. Tapi partisi D: saya berkurang 50 Gb!!! Sayang sekali, dimana ilangnya yaaa....???? T_______T

Lalu dengan berbesar hati dan memanjatkan doa, saya nyari software recovery partisi, dan ketemu EASEUS Partition Master. Langsung saya donwload dan instal dan jalankan. Ternyata memang benar: ada 50 Gb partisi Linux yang tersisip. Langsung saya delete dan partisi D: saya resize. Fuuuh.... :D

Pengalaman ini asik sekali karena saya nggak menyangka bisa mengalami kehilangan partisi dan bisa mengembalikannya. Nah, dengan partisi yang lengkap, akhirnya saya mengulangi proses instalasi dan 100% berhasil...  AHHAHAHAHA akhirnya saya punya laptop dual boot!!!

Untuk pergi ke web ubuntu langsung ke http://ubuntu.com
Untuk download VirtualBox langsung ke http://www.virtualbox.org/
Untuk download Easeus Partition Master langsung ke http://www.partition-tool.com/download.htm

Sumber gambar:
kapisa.wordpress.com

0 comments:

Posting Komentar