Kamis, 07 Oktober 2010

Spesifikasi Blog yang Baik

Dari sekian lama saya nge-blog, dan dari sekian banyak blog yang pernah saya buat dan buang, ada hal yang penting yang saya temukan tentang syarat-syarat suatu blog itu baik atau tidak.

1. Memiliki tema
Berdasarkan pengalaman, memiliki blog yang ber"tema" adalah tidak mudah, karena saya merasa tidak memiliki suatu keahlian khusus yang bisa membuat saya bisa menuliskan sesuatu dengan tema tertentu secara terus menerus. Di lain sisi, ada banyak blog lain yang "tanpa tema" (menurut saya) yang bisa sukses, misalnya blognya NdoroKakung yang sering mengkritisi masalah sehari-hari.

Namun, seiring dengan seringnya menjajal blog, saya semakin tahu bahwa "tema" di sini bisa berarti apa saja. Tema blog tidak selalu harus terlihat "wah". Hal-hal kecil yang kita lakukan tiap hari bisa menjadi sebuah tema untuk blog. Misalnya blog ini yang (saya harap) bertema tentang kehidupan ngampus di Teknik Informatika ITS Surabaya. :P

Temukanlah temamu, cari apapun yang sesuai minatmu, hal-hal yang selalu membuat kamu bersemangat untuk nulis. Apa saja. Lalu, teruslah menulis untuk menemukan hal-hal lain yang belum pernah kamu temukan sebelumnya.

2. Berpenampilan simpel/ tidak neko-neko
Mungkin ini adalah selera pribadi, namun, menurut saya, blog yang baik itu adalah blog yang "bersahabat" dengan mata pembaca. Tidak perlu ada banyak widget-widget bertebaran. Kadangkala pembaca tidak membutuhkan widget-widget itu, mereka hanya butuh informasi yang ada di blog kita.

Baiklah, ada yang bilang kalau widget itu mempercantik blog dan membuat orang lebih senang melihatnya. Asalkan informasi yang ada di blog kamu bagus, saya rasa tidak masalah. Namun, blog yang simple akan lebih mempermudah orang membaca dan menggali informasi di blog kamu.

3. Disiplin update konten
Yah, saya sadar saya masih jarang bisa disiplin update blog ini. Namun, saya memahami: akan labih baik jika kita berusaha mengupdate konten blog kita secara disiplin. Disiplin maksudnya, kita menuliskan hal yang baru dalam rentang waktu yang TERATUR. Misalnya seminggu sekali.

Tentu saja, pemilihan rentang waktu ini bisa bervariasi dan memiliki efek tersendiri. Blog yang diupdate terlalu sering juga tidak bagus, misalnya lima postingan per hari. Ada kemungkinan pembaca tidak akan membaca seluruh postingan kamu karena terlalu banyak yang harus dibaca. Namun, blog yang jarang update juga nggak baik, karena pembaca makin malas berkunjung karena blog kamu tidak update. :(

Mungkin, dalam perjalanan kita ngeblog akan sering ada perasaan untuk malas update. Hal ini wajar karena kita belum menemukan "irama" tersendiri. InsyaAllah, "irama" ini akan muncul sendirinya seiring berjalannya waktu ngeblog kita. Jadi, jangan menyerah :D



Untuk kali ini, hanya inilah kriteria blog yang baik menurut saya, karena tiga hal di atas saja rasanya sudah berat (kalau mau dilakukan secara serius). InsyaAllah hal-hal penting lain akan saya posting di tulisan ini, kalau saya menemukan hal-hal baru lagi. :)

Pokoknya, dalam ngeblog, yang paling penting adalah MENULIS. OK OK??

1 comments:

selficho mengatakan...

coba dunk kasih saran ke aku chu di blog baru ku ini selficho.blogspot.com

Posting Komentar