Jumat, 22 April 2011

Dunia Hitam Jaringan Komputer dengan UML

Ya, sebenarnya hari ini sedang libur nasional Paskah dan seharusnya saya pulang kampung. Tetapi karena ada praktikum Jaringan Komputer yang belum kelar, saya jadi ngga pulang...

Emang ngapain praktikum Jaringan Komputer itu?

Jadi, praktikum Jarkom itu mempelajari tentang jaringan komputer dan cara membuatnya (mungkin, soalnya ini juga praktikumnya masih modul 1). Nah, di modul 1 yang berbahagia ini, kami disuruh membuat topologi di server Lab AJK dengan menggunakan UML atau User Mode Linux.

Misalkan ada gambar topologi seperti di bawah ini:
Topologi jaringan yang sedang saya kerjakan (klik untuk memperbesar)

Dari gambar di atas, kita disuruh membuat jaringannya secara virtual (menurut saya) karena jaringan itu secara fisik tidak ada. Router dan host yang ada di jaringan di atas hanya ada di dalam sistem operasi kita. Dalam hal ini, sistem operasi ini adalah Linux.

Singkatnya, kita akan membuat host-host dan router-router dalam Linux sehingga seolah-olah jaringan itu nyata. Jaringan ini dibuat dengan bahasa UML.

Setelah tercipta jaringan, host, dan router virtual kita, maka akan muncul window-window baru di komputer kita sebagai representasi host-host tersebut.

Window-window yang muncul...  @_@

Lalu, setelah tercipta host-host dan router-router di atas, tibalah saatnya untuk men-setting IP Address dan sebagainya agar jaringan kita terhubung... :D

Nah, demikian perkenalan praktikum Jarkom kali ini. Saya mau lanjutkan ngerjain lagi hahaha :D

2 comments:

Anonim mengatakan...

Bos kasih tau caranya setting ip dong..

Anonim mengatakan...

Caranya gimana kasih tau tolong di artikelnya T__T

Posting Komentar