Sabtu, 16 Juli 2011

Mata Kuliah Semester 4: Analisa dan Perancangan Sistem

gambar: http://www.waqarhussain.net


APS atau Analisis Perancangan Sistem adalah lanjutan dari mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak di semester III. Mata kuliah APS ini memiliki bobot yang cukup tinggi, yaitu 4 sks.

Meskipun 4 sks, tapi tidak ada praktikum dan digantikan dengan banyaknya tugas rumah (kelompok) dan post test setelah kuliah.

Materi kuliah ini mencakup bagaimana caranya merancang sistem yang baik dengan merancang diagram-diagram dalam perancangan sistem. Diagram-diagramnya antara lain:

1. Use Case diagram
2. Class diagram
3. Activity diagram
4. Collaboration diagram
5. Sequence diagram
6. State chart diagram
7. Package diagram
8. Component diagram
9. Deployment diagram

Selama perkuliahan 1 semester, kita akan membuat semua diagram di atas. Pembuatan diagram ini tidak boleh sembarangan karena jika diagram awal-awal sudah salah, diagram yang di bawah-bawahnya juga semakin salah.

Selain itu, kita juga harus membuat rancangan sistem berupa fitur-fitur program, fungsi, algoritma dan sebagainya. Tapi hal ini cuma sebatas merancang dan tidak ada ngoding.

"Contoh rancangan interface program saya"

Dalam merancang sistem, ada tiga pilihan sistem: yaitu sistem informasi kantor pos, percetakan, dan kontraktor. Di awal perkuliahan akan ada tugas survey berupa wawancara pada pelaku bisnis sistem informasinya untuk menganalisa kebutuhan sistem dan sebagainya.

Kunci dari mata kuliah ini adalah kesabaran dan ketelatenan dalam merancang diagram-diagram dan menganalisa kebutuhan sistem. Akan ada banyak revisi terkait sistem yang kita rancang. Namun, kalau sabar, insyaAllah bisa.

Software yang dipakai StarUML untuk bikin diagramnya.
Buku yang dipakai, dari pengalaman saya, tidak ada. Hanya mengandalkan materi presentasi dosen dan googling. Selebihnya merancang.

3 comments:

Alya Hanie mengatakan...

thx bgd buat info'a....
lmyan mbantu sy mngerjakan tgs kuliah

joordan mengatakan...

trims infonya , ^^

cah solo mengatakan...

maksih mba infonya, di blog2 lain bahasanya terlalu tinggi, malah gk paham hehehe

Posting Komentar