Minggu, 17 Juli 2011

Mata Kuliah Semester 4: Jaringan Komputer

 gambar: itsnotacon.co.uk
 
Jaringan Komputer atau jarkom adalah mata kuliah semester 4 yang cukup menantang. Mata kuliah ini memiliki beban 3 sks yang mencakup sebuah praktikum yang mengasyikkan.

Jarkom mempelajari tentang bagaimana komputer bisa berkomunikasi lewat jaringan. Di kelas, kita akan mempelajari teori-teori jarkom, misalnya jaringan, topografi, layering, dan lain-lain yang tentu dengan mudah bisa dicari di google.

Yang agak ribet adalah praktikumnya. Kita akan mempraktekkan bagaimana mewujudkan sebuah rancangan jaringan komputer biar bisa berkomunikasi. Misalnya ada gambar jaringan seperti ini:


Nah, kita akan memprogram komputer-komputer di atas agar bisa memiliki IP adress dan komputer bisa saling berkomunikasi bahkan mengirim email. Pemrograman ini dilakukan di sistem operasi Linux dan ngoding di terminalnya dengan User Mode Linux.

Hasil dari pemrograman ini kira-kira seperti ini:




"Serem sekali"


Ada 4 Modul dalam praktikumnya:
1. Modul 1: Subnet, routing, firewall
2. Modul 2: DNS
3. Modul 3: Web server dan proxy server
4. Modul 4: Mail server dan file server

Yang menakutkan dari praktikumnya adalah tingkat keberhasilan program yang tidak bisa dipastikan. Kadang, dengan settingan yang sama, programnya ada yang ga jalan. Kadang, waktu hari ini bisa, besoknya rusak. Mistis.

Tidak jarang harus melakukan pemrograman ulang yang melelahkan dari awal kalau program komputernya rusak di tengah jalan. Misalnya waktu garap modul 3, ada satu komputer yang rusak. Ngoding deh semua komputer dari awal.

Software: terminal di Linux. Atau yang males install linux bisa pakai Putty yang dipakai di Windows buat remote server dari lab Ajk.
Buku: Presentasi dan Google aja :D

2 comments:

Ahmad Saadillah mengatakan...

salam kenal mbakk,, ku lagi belajar masalah jarkom nihhh
maklum baru masuk semester 4

nayfos_iruniaz mengatakan...

salam kenal mbakk,, ku lagi belajar masalah jarkom nihhh
maklum baru masuk semester 4

Posting Komentar