Selasa, 04 September 2012

Mata Kuliah Semester 6: Pemrograman Framework Dot Net

gambar: dotnetextreme.com

Kuliah Dot Net adalah kuliah yang bisa diambil di semester genap dan merupakan kuliah yang WAJIB diambil semua mahasiswa dari bidang minat apapun. Kuliah ini memiliki beban 3 sks.

Di sini kita mempelajari framework dot Net (c) Microsoft dan akan belajar membuat aplikasi dari framework ini. Bahasa yang dipakai adalah bahasa C# dan menggunakan tools Visual Studio 2010.

Pertama-tama kemarin saya flashback ke masalah class dulu dan konsep-konsepnya. Lalu akan merambah ke exception handling, collection (array, list, dsb), delegate, events, anonymous method, lambda, database (LINQ, nHibernate), dependency injection, unit testing, dan web service.

Pengalaman kemarin, kuliah dotNet ini pada awalnya akan mudah diikuti. Namun jika tidak fokus sampai bab-bab akhir, akan susah sendiri karena frameworknya susah (menurut saya sih). Seperti kuliah pemrograman lainnya, maka cara termudah untuk memahami kuliah ini adalah dengan praktek / ngoding langsung.

Untuk teknis kuliah dan tugas, kemarin kami mendapat beberapa tugas ngoding kelompok dan individu untuk memahami masing-masing bab. Lalu, di akhir akan ada Final Project yang berisi semua penerapan framework yang telah dipelajari.

Bahasa: C#
Tools: Visual Studio 2010, camtasia (untuk bikin video final project)
Referensi: googling

0 comments:

Posting Komentar