Rabu, 05 September 2012

Mata Kuliah Semester 6: Pemrograman Mobile

gambar: allvoices.com

Kuliah ini bisa diambil di semester genap, khususnya semester 8, dan merupakan kuliah bidang minat RPL. Tapi karena kemarin penasaran akhirnya saya ambil di semester 6. Kuliah 3 sks ini adalah kuliah ngoding yang bertujuan menghasilkan aplikasi mobile.

Pengalaman kuliah kemarin, Teknik Informatika sedang ada kerjasama dengan Nokia (dibuktikan dengan ruang Nokia Development Center di lantai 3) sehingga kami fokusnya bikin aplikasi untuk device ini yang didaftarkan di Nokia Ovi Store.

Karena kerjasama ini, kemarin kami diberi buku gratis Qt Creator dan pembuatan aplikasinya dibimbing oleh pihak Nokia, terutama masalah ngoding di Qt Creator. Di tool ini, kita bisa mensimulasikan aplikasi yang kita buat ke berbagai jenis seri Nokia yang berbeda-beda sehingga kita tahu hasil tampilan aplikasi di berbagai seri itu.

Qt Creator adalah tool berbasis OOP yang bisa dikoding dengan C++ dan QML. Nah, di kuliah ini mungkin akan lebih menekankan belajar QML daripada C++ (karena sudah pernah dipelajari di kuliah lain). Karena pakai QML, otomatis perlu belajar dari awal dengan framework baru di Qt Creator.

Yang unik dan seru dari kuliah ini adalah, setelah aplikasi jadi, aplikasi tersebut harus bisa didaftarkan di Ovi Store. Proses pendaftaran hingga diterima ini memerlukan waktu ekstra karena perlu waktu dari pihak Ovi Store dan perlu waktu lebih kalau aplikasi ditolak.

Penolakan aplikasi ini bisa disebabkan banyak hal, tergantung aplikasi yang kita buat. Nokia akan memberi tahu bagian mana yang perlu diperbaiki dan kita harus mengirim ulang dan akan ditinjau ulang, begitu seterusnya sampai aplikasi tampil di Nokia Store.

Pengalaman kuliah kemarin, kalau aplikasinya gagal masuk ke Ovi Store, otomatis kita ngga lulus kuliahnya karena dianggap belum bisa bikin aplikasi yang bisa dipakai orang banyak. Jadi aplikasi yang dibuat ngga boleh main-main dan perlu banyak doa untuk bisa masuk, hehe.

Untuk mempermudah, kemarin kita bisa pinjam device Nokia di Pak Gayuh (lab VIP lantai 3, tapi ngga tau lagi kalau ntar berubah lagi) untuk nge-test langsung ke device. Seru abis lah pokoknya.

Untuk contoh aplikasi saya bisa dilihat di link ini (Ovi Store, Blogspot). Kebanyakan teman-teman lain memilih untuk bikin game.

Ohiya biar seru lagi, kemarin diadakan kompetisi untuk kelompok yang aplikasinya paling banyak di-download di Ovi akan mendapatkan hape Nokia N700. Alhamdulillah sepertinya kelompok saya belum beruntung :D

Bahasa: QML, C++
Tool: Qt Creator
Referensi: developer.nokia.com
Reff tambahan: Deploy app di symbian pake QtCreator, Bikin icon buat Symbian, Bikin Splash Screen.

2 comments:

Ahmad Saadillah mengatakan...

sekarang ku di semester 5
dah sekarang lagi mengambil mata kuliah aplikasi mobile ini...
salam kenal

lembayung mengatakan...

sekrang saya smt 6, dapatnya android

Posting Komentar