Rabu, 29 Mei 2013

Mata Kuliah Semester 7: Perancangan dan Manajemen Jaringan

Perancangan dan Manajemen Jaringan (PMJ) bisa diambil di semester ganjil, berbobot 4 sks, dan merupakan mata kuliah bidang minat NCC (net centric computing atau jaringan).

Kemarin saya ingin mengambil mata kuliah ini sebab ingin mempelajari tentang perencanaan jaringan dan ilmu-ilmunya (karena aneh kalau mahasiswa informatika tapi ngga bisa buat jaringan). Akhirnya saya masuk kelas ini dan ternyata saya masih tidak tahu apa-apa tentang jaringan hhha.

Di kuliah ini kita butuh software bernama Packet Tracer untuk mensimulasikan jaringan yang kita rancang (apakah berhasil atau tidak) dan di kuliah ini, pengetahuan-pengetahuan dasar tentang jaringan diasumsikan telah dikuasai oleh mahasiswa (misalnya gimana cara setting IP, cara subnetting, teori-teori lain). Lebih bagus lagi jika mahasiswa telah mengambil mata kuliah TAJ (Teknologi Antar Jaringan) sebelumnya karena akan muncul kembali di mata kuliah ini.

Singkat cerita mata kuliah ini mirip seperti mata kuliah Jarkom, Progjar, dsb, hanya saja disertai dengan praktek langsung dengan Packet Tracer.

Materi-materi yang ada misalnya: Network Analysis, Architechture and design basics, Requirement Analysis, Flow Analysis, Adressing, DVR, LSR, Performance Architecture, Security and privacy architechture, topology, dsb.

0 comments:

Posting Komentar