Kamis, 30 Mei 2013

Mata Kuliah Semester 7: Topik Khusus Perangkat Lunak



Topik Khusus Perangkat Lunak (TKPL) bisa diambil di semester ganjil dengan bobot 3 sks. Kuliah ini adalah mata kuliah bidang RPL yang mempelajari satu topik khusus/studi kasus yang berada di bidang rekayasa perangkat lunak. Jadi, selain topik perangkat lunak, juga ada topik NCC dan topik KCV yang bebas diambil mahasiswa yang berminat untuk belajar mata kuliah tsb.

Kemarin kami mempelajari tentan Enterprise Resource Planning (ERP) dan bagaimana merancang software tersebut. Sebenarnya topik ini telah dikenalkan pada kami pada saat kuliah Audit Perangkat Lunak yang lalu, namun belum terlalu mendalam.

Di sini akan dipejari lebih jauh mengenai proses bisnis/ Functional Domain (FD) yang ada pada software ERP, misalnya Manufacture, Inventory, General Ledger, Customer Relationship Management, Supplier Relationship Management, dan banyak lagi.

Karena terdapat beberapa FD, maka kami dibagi menjadi beberapa tim yang ditugaskan ke FD yang berbeda. Masing-masing tim harus merancang sistem FD mereka dan harus bekerja sama dengan tim lain jika memang diperlukan interaksi antara FD tersebut.

Kemarin kami membuat rancangan database (CDM/PDM), workflow, dan dokumentasi yang lain. Selain itu, kami juga NGODING program Functional Domain kami berdasarkan analisa-analisa yang telah dilakukan. :D

Sebagai informasi, kuliah ini wajib diambil oleh mahasiswa yang mengambil tugas akhir (baca:skripsi) dengan topik ERP. Di jurusan Informatika sudah lazim tiap tahun ada beberapa mahasiswa yang mengambil permasalahan ini dan mendapat bimbingan khusus dari master ERP di Informatika (dan Indonesia), yaitu bapak Prof. Riyanarto Sarno.

gambar: mycloud.my

0 comments:

Posting Komentar