Rabu, 05 Maret 2014

Persiapan Sidang dan Sidang TA

 Di waktu tertentu, misalnya akhir semester, biasanya ada masa-masa sidang TA. Jika kamu ingin mengajukan sidang TA, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi. Pengalaman saya kemarin, syarat sidang TA adalah mengumpulkan beberapa hal ke koordinator TA. Yang harus dikumpulkan adalah:

1. Buku TA 3-4 eksemplar
Saat akan mengumpulkan buku ke koordinator TA, biasanya diperiksa dulu ejaan dan tata cara penulisannya. Jadi, ngga usah print langsung 4 kali dan ngga usah dijilid. Jepit aja pake clip dan nanti koordinator TA akan mencoret-coret buku kalau masih ditemukan kesalahan. Kalau masih salah, perbaiki bukunya, print, dan kembali lagi ke koordinator TA untuk diperiksa kembali hingga dinyatakan benar.

Kalau sudah benar, print bukunya 3 atau 4 kali (2 untuk dosen penguji dan 2 untuk dosen pembimbing waktu sidang) dan kumpulkan tanpa perlu dijilid. Dan tidak perlu diberi tanda tangan pembimbing di lembar pengesahan, karena lembar ini hanya perlu ditandatangani setelah lulus sidang.

2. Kartu bimbingan
Kartu bimbingan berisi tanggal, kegiatan, dan tanda tangan dosen pembimbing di kala kita bimbingan TA. Pengalaman kemarin, minimal mahasiswa harus melakukan bimbingan sebanyak 8 kali.

3. SKEM
Lembar SKEM cukup di-print dari website integra. Kalau masih ada skem yang perlu divalidasi, segera pergi ke dosen wali sebelum mengumpulkan lembar SKEM ke koordinator TA.

4. TOEFL
Yang dikumpulkan adalah sertifikat nilai TOEFL yang didapat dari UPT Bahaha ITS. Kalau nilai kita sudah memenuhi persyaratan, alhamdulillah. Kalau masih ada kendala, silakan dibicarakan dengan koordinator TA.

5. Lembar persetujuan maju sidang
Lembar ini di-print dari website monTA dan ditandatangani oleh kedua dosen pembimbing.

Kalau kelima hal di atas sudah siap, silakan kumpulkan ke koordinator TA dan tunggulah jadwal sidang keluar. Jadwal keluar dari website monTA yang berisi waktu sidang dan dosen penguji sidang. Pengalaman kemarin, jadwal ini keluar bisa sehari sebelum sidang. Jadi, persiapkan semua hal yang perlu dibawa waktu sidang sedini mungkin.

Yang harus dipersiapkan selama sidang:
1. Laptop + Presentasi + (video)
Mahasiswa diberi kesempatan presentasi selama beberapa menit (tergantung) dan sisa waktu sidang dipakai untuk tanya jawab dengan dosen penguji. Presentasi dibawakan dengan laptop sendiri, jadi siapkan laptop sebelum sidang. Siapkan juga video demo program sebagai cadangan jika demo tidak bisa dilakukan saat sidang (misalnya server down).

2. Artikel POMITS
Salah satu syarat kelulusan mahasiswa adalah dengan membuat artikel POMITS. Template POMITS bisa dilihat pada website POMITS di ejurnal.its.ac.id. Pengalaman kemarin, mahasiswa diminta mengumpulkan POMITS sebanyak 3-4 eksemplar di saat sidang. Namun, kenyataanya, paper ini masih belum sepenuhnya bisa diterima karena secara resmi belum dikonsultasikan ke koordinator TA.

3. Lembar telaah penguji dan pembimbing
Lembar ini dapat di download dari website POMITS. Untuk mengetahui nama dan NIP dosen penguji, otomatis kita harus menunggu jadwal sidang keluar dulu. Setelah itu, kita print dan dibawa selama sidang.

Pengalaman kemarin, artikel POMITS dan lembar telaah saya tidak berguna saat sidang karena ternyata pembuatan artikel POMITS ini dijadwalkan setelah sidang. Tapi ada juga mahasiswa yang sudah mendapat tanda tangan dari pembimbing dan penguji. Saya tidak tahu kenapa.

4. Dresscode
Pada saat sidang, mahasiswa harus memakai bawahan gelap dan atasan terang, lengan panjang, polos, tidak transparan, dan berdasi. Mahasiswa laki-laki boleh pakai jas dan mahasiswa perempuan boleh memakai pakaian formal nasional (kebaya).

5. Buku + bolpoin
Buku/kertas + bolpoin diperlukan untuk mencatat revisi TA dari dosen penguji. Atau, kalau tidak membebani, silakan print buku TA untuk dibawa pada saat sidang. Kadang kala dosen pembimbing menanyakan hal-hal dalam buku dan akan lebih mudah kalau kita memiliki buku sendiri. Dengan begini, revisi pun bisa dicatat pada bagian bukunya langsung.

Kalau sudah siap semuanya, datang pada hari sidang semenjak pagi sebagai persiapan kalau misalnya jadwalnya berubah. Jika masih antri, maka tunggulah dengan berdoa. Kalau sudah dipanggil, silakan masuk ruang sidang dan ucapkan syukur karena sebentar lagi satu tahap perjuangan mengerjakan TA ini berakhir.

Pengalaman kemarin, sidang TA itu tidak terlalu sulit. Bahkan, lebih sulit presentasi final proyek di kelas daripada sidang TA. Jadi tidak perlu terlalu nervous dan baca bismillah saja karena kamu sudah melakukan yang terbaik.

Setelah sidangnya selesai dan kamu mendapat revisi (kalau tidak, ya alhamdulillah), silakan download beberapa film, main game, atau pergi jalan-jalan biar ngga stress hahaha. Istirahatlah sebelum menyelesaikan revisi dan persyaratan yudisium jurusan.

2 comments:

فن بیان mengatakan...

Thank you very much

تندخوانی mengatakan...

Thank you

Posting Komentar