Jumat, 28 Februari 2014

Tips Masa Pengerjaan TA


Setelah sidang proposal dinyatakan OK, saatnya mengerjakan proyek TA. Beberapa tips dan trik yang saya dapatkan selama mengerjakan TA kemarin adalah:

1. Terjadwal, disiplin, dan fokus
Minimal, buatlah jadwal yang dirangcang di proposal sebagai panduan. Atau, buat jadwal lagi yang lebih rinci dan berisi kegiatan konkrit untuk menyelesaikan TA, misalnya "implementasikan modul A" atau "bimbingan mengenai diagram B". Dan yang paling penting, quote dari ayah saya, patuhi jadwal tersebut seperti kamu mematuhi jadwal makan sehari-hari.


Satu tips untuk tetap mengikuti jadwal adalah dengan mengikuti Hukum Parkinson.
  1. Tentukan kegiatan yang ingin diselesaikan
  2. Tentukan waktu konkrit untuk menyelesaikannya
  3. Apapun yang terjadi, tidak peduli bagaimana kualitasnya, selesaikan kegiatan tersebut dalam batas waktu tersebut 

Hukum Parkinson memiliki implikasi bahwa semakin lama kita mengulur waktu, maka semakin banyak hal yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Pernahkan kita memiliki tugas dengan deadline 2 minggu namun kita mengulur waktu pengerjaan hingga sehari sebelumnya dan ternyata tugasnya selesai? Dapatkah kita membayangkan bagaimana seandainya waktu sehari ini dilakukan pada awal-awal saja sehingga kita tidak perlu merasa resah selama 2 minggu?

Intinya, daripada menunggu hingga sempurna, lebih baik selesaikan dalam satu waktu dan perbaiki setelah konsultasi ke dosen pembimbing.

Tips lainnya dalam mengerjakan TA adalah dengan menggunakan teknik Pomodoro. Caranya adalah:
  1. Tentukan kegiatan yang ingin diselesaikan
  2. Tentukan sebuah rentang waktu pengerjaan (tidak usah panjang-panjang), misalnya 30 menit. Waktu ini disebut waktu Pomodoro
  3. Selama waktu tersebut, kerjakan kegiatan tanpa gangguan lain (bisa memakai online timer di e.ggtimer.com)
  4. Setelah waktu berakhir, istirahatlah 3-5 menit (mungkin bisa browsing-browsing atau buka facebook hahaha)
  5. Ulangi terus langkah 3 dan 4. Setiap melakukan Pomodoro 4 kali, istirahatlah lebih lama, misalnya 30 menit.

Teknik di atas membantu untuk lebih fokus pada pekerjaan karena kita sudah mengalokasikan waktu untuk bekerja dan beristirahat. Teknik ini bisa lebih efektif daripada mengerjakan terus-menerus tanpa ada istirahat yang dapat membuat pikiran capek.

Usahakan tiap hari ada yang dikerjakan jika ingin TA selesai tepat waktu. Banyak pengalaman mahasiswa sebelumnya yang suka berleha-leha setelah proposal selesai dan menunda pengerjaan TA. Akhirnya molor deh.

Note: bahkan di web e.ggtimer.com sudah ada settingan waktu Pomodoro hehehe. Silakan pakai ini biar lebih mudah.


2. Bawa kartu bimbingan tiap bimbingan

Mahasiswa diwajibkan bimbingan ke dosen pembimbing minimal 8 kali dimana tanggal bimbingan tersebut dicatat dalam kartu bimbingan yang disediakan oleh TU. Sebenarnya, ada banyak cara kreatif mahasiswa untuk mengisi bimbingan ini. Ada yang baru mengisinya saat akan maju sidang, dan ada yang rutin mengisinya tiap kali bimbingan. Menurut saya, yang terakhir yang bagus karena untuk mengatasi masalah lupa tanggal atau lupa topik bimbingan (dan juga lebih jujur hehe).

3. Buku TA
Usahakan dari awal sudah mengetahui format dan peraturan tulis menulis buku TA. Dan, yang perlu diperhatikan, mengerjakan buku TA itu butuh waktu yang lama.

Paling tidak, kerjakan buku TA 3 bulan sebelum sidang (dengan catatan buku dikerjakan tiap hari). Selain banyak yang harus ditulis, kadangkala terdapat revisi dari dosen pembimbing mengenai tulisan kita.

Juga usahakan ikuti tata aturan menulis buku TA sejak awal agar tidak memakan waktu ketika meng-edit buku di bagian akhir. Misalnya, ejaan yang digunakan harus benar (tidak ada typo) dan mengikuti kaidah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Penulisan istilah asing juga sebisa mungkin diterjemahkan ke bahasa Indonesia (misalnya download jadi unduh). Kalau tidak bisa, maka dicetak miring. Aturan penulisan lainnya dapat dilihat pada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Peraturan Menteri Pendidikan No.46 tahun 2009).

4. Tetap semangat
Mengerjakan TA itu seperti mengerjakan final proyek yang dikerjakan oleh satu orang, dimana rancangan, implementasi, pengujian, dan dokumentasi dikerjakan sendirian. Jadi, TA itu memang tidak mudah dan butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Dalam mengerjakan, usahakan tetap semangat dan tidak perlu dibikin susah. Selesaikan saja sedikit demi sedikit dan berilah reward (kalau perlu) untuk diri sendiri tiap kali kamu membuat progres.

Tipsnya adalah kerjakan satu hal dalam satu waktu dan selesaikan hal tersebut hingga tuntas. Tidak usah mikir yang lain-lain, yang penting selesaikan satu tahap dalam satu waktu.

Pengalaman kemarin sih, paling berat itu waktu pengerjaan buku. Karena dokumentasi yang perlu dibuat juga banyak, maka tiap hari rasanya ga selesai-selesai meskipun dikerjakan lamaaa sekali. Kalau sudah gini, kenali kebiasaan bekerjamu. Apakah kamu lebih efektif ngerjain di kampus? Atau rumah? Atau café? Silakan tentukan sendiri, asalkan nyaman dan akhirnya cepet selesai...

Tips terakhir untuk mengerjakan TA dengan background suara hujan dan musik jazz...
  1. Siapkan minuman/snack
  2. Siapkan headset/earphone
  3. Buka browser, tutup semua tab, dan buka 3 tab baru
  4. Pada tab pertama, buka link http://www.rainymood.com/
  5. Pada tab kedua, buka link http://endlessvideo.com/watch?v=HMnrl0tmd3k
  6. Pada tab ketiga, buka link http://endlessvideo.com/watch?v=DIx3aMRDUL4

Dijamin mengerjakan TA jadi lebih tenang dan damai...

0 comments:

Posting Komentar