Sabtu, 12 April 2014

Langkah-langkah Menuju Wisuda (Yudisium Institut)

 Beberapa hari sebelum hari H wisuda, ada beberapa hal yang harus dilakukan mahasiswa untuk mempersiapkan wisuda tersebut. Kegiatan-kegiatan ini umumnya terjadwal dan kita tinggal hadir pada tempat tertentu pada waktu tertentu. Kegiatan yudisium institut sejak awal hingga kita wisuda antara lain:

1. Cek ijazah
Pada kegiatan cek ijasah, kita harus membawa fotokopi ijasah SMA untuk dijadikan panduan penulisan nama dan tanggal lahir di ijasah. Selain itu, kita diminta memeriksa kebenaran draft ijasah (cuma print-print-an) dan memverifikasi jika ditemukan kesalahan.

Di sini, biasanya bagi mahasiswa yang fotokopi ijasah SMA-nya masih salah (misalnya namanya salah) diminta membuat surat keterangan dari SMA-nya masing-masing. Kalau tidak, pihak institut tidak akan memproses ijasah kamu lebih lanjut... Jadi bagi yang ijasah SMA-nya masih salah, silakan diproses dulu.

2. TTD ijazah
Setelah cek ijasah yang dilakukan di lain hari, akhirnya tiba jadwal untuk menandatangani ijasah yang sudah jadi. Biasanya kegiatan ini dilakukan di plasa Dr. Angka dan kita harus membawa KTM untuk diambil institut. Jadi, sebelum hari ini, sebaiknya segera mengurus rekening di KTM bagi yang masih ingin menggunakan rekening tersebut.

3. Membayar biaya pelaksanaan wisuda
Kemarin, biaya pelaksanaan wisuda adalah sejumlah 450.000 rupiah dan dibayarkan lewat BNI pada rentang waktu yang ditentukan. Pembayaran dilakukan dengan tansfer uang tsb ke rekening Rektor ITS dan menyebutkan angka 3 sebelum NRP (daripada ribet silakan bayar lewat BNI ITS aja ya). Setelah bayar, simpan baik-baik bukti pembayaran untuk mengambil undangan orang tua dan gordon nantinya.

4. Menyewa toga
Toga yang digunakan pada saat wisuda dapat diperoleh dengan 2 cara. 1) Menyewa DWP ITS (dharma wanita) atau 2) menyewa dari tempat lain, misalnya teman. Kalau daru DWP, kemarin kita harus membayar 425.000 rupiah untuk menyewa, dimana 300.000 rupiah akan dikembalikan pada saat kita mengembalikan toga ke DWP. Kalau tidak dikembalikan, maka toga dianggap dibeli dan uang tidak dikembalikan. Karena itu, jika ada senior atau teman yang masih punya toga, lebih baik pinjam saja daripada bayar.

Kalau kita memutuskan pinjam ke DWP, bayarnya lewat BNI ITS dengan form khusus pembayaran toga. Di situ ada isian NAMA, NRP, FAK, JUR, dan STRATA. Setelah bayar, bukti pembayaran silakan disimpan untuk digunakan saat mengambil toga ke DWP.

5. Ambil gordon + undangan
Gordon dan undangan orang tua dapat diambil pada loket di belakang BAAK. Biasanya, pengambilan ini harus ngantri panjang karena loketnya terbatas sedangkan wisudawannya lebih dari seribu. Jadi, datang pagi-pagi biar tidak ngantri.

Untuk ambil gordon dan undangan, kita harus menyerahkan dua lembar bukti pembayaran wisuda. Setelah itu, bukti tersebut akan di stempel dan satu lembar akan diserahkan ke kita lagi dan kita mendapatkan gordon dan undangan. Lebih baik cek apakah kita mendapatkan undangan yang benar (untuk Teknik Informatika, biasanya mendapat jadwal wisuda di hari ke-2) dan gordon yang benar (untuk Teknik Informatika, gordon berwarna biru muda-silver).

6. Ambil toga
Jika kita nyewa toga ke DWP, biasanya ada jadwal pengambilan toga di DWP. Seperti biasa, datang lebih awal lebih baik agar tidak ngantri. Nanti kita mengambil nomor antrian dan antri di luar dulu untuk isi formulir. Setelah itu, masuk ke dalam untuk menyerahkan formulir, tanda tangan formulir, dan mendapat Kaba. Setelah itu, naik ke lantai 2 untuk fitting, mengambil toga, dan mengambil topi wisuda.

Ketiga barang tersebut (toga, kaba, dan topi) harus dikembalikan setelah wisuda. Selain itu, kita juga mendapat tas tenteng ITS bagus dari menyewa toga ini hahhaha.

7. Daftar SW di jurusan
Sudah menjadi tradisi untuk melaksanakan Syukuran Wisuda di jurusan masing-masing. Biasanya, selain ikut acara SW, kita bisa memesan plakat kenang-kenangan dari jurusan. Silakan memesan plakat dan daftar SW kalau mau.

8. Gladi bersih
Gladi bersih dilakukan di Graha ITS. Selain gladi bersih, mahasiswa juga diberi pembekalan dan sedikit seminar tentang kelulusan (dan konsumsi). Biasanya sudah ada jasa-jasa foto berkeliaran di sekitar Graha untuk menawarkan paket foto dengan bonus tersendiri bagi yang memesan sejak gladi bersih.

Kalau ingin ikut gladi bersih, usahakan datang tepat waktu biar tidak ketinggalan. Kalau ketinggalan, resikonya nanti tidak dapat konsumsi dan tidak bisa masuk tempat duduk.

9. Hari H wisuda
Hari H adalah hari dimana kamu datang ke Graha dengan pakaian dan asesoris wisuda lengkap, ketemu dengan teman-teman sesama wisudawan, duduk di Graha dari pagi sampai siang, mendapat ijasah, dan dinyatakan lulus dari ITS. Setelah itu, diarak ke jurusan untuk mengikuti Syukuran Wisuda dan akhirnya pulang dengan menyandang gelar Sarjana/Magister/Doktor/Diploma...

Kemarin, pesan MC yang saya ingat adalah hati-hati terhadap ijasahnya jangan sampai hilang karena sudah ada yang kejadian (gara-gara keasyikan foto-foto sama teman mungkin)...

10. Balikin toga
Setelah itu, biasanya setelah wisuda, toga + kaba + topi harus dikembalikan bagi yang tidak berminat membeli dan berminat mendapat uang jaminan kembali sebesar 300.000. Cukup membawa ketiga barang tersebut dan formulir pengembalian yang didapat pada waktu minjam dulu. Setelah itu, selesailah semua rangkaian kegiatan yudisium hingga wisuda dan insyaAllah kita tidak memiliki tanggungan apa-apa lagi.

4 comments:

Venny mengatakan...

Ini yg harus dibawa cuma KTM aja atau harus dengan buku tabungannya juga ya? Untuk tanda tangan ijazah...

Vika F. Insanittaqwa mengatakan...

@Venny cuma KTM aja mbak seingatku

Yolanda Septiana Dewi mengatakan...

Ahaha berguna banget ini chuu... makasiihh :D

Learn Digital Marketing mengatakan...

Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

Posting Komentar