Sabtu, 07 Juni 2014

Ada Apa di Bursa Karir ITS?


Mencari kerja merupakan kegiatan yang umumnya dilakukan oleh mahasiswa yang baru lulus. Untuk memfasilitasi pencarian kerja ini, ITS menyediakan acara yang biasanya ada tiap tahun yang disebut Bursa Karir ITS.

Mungkin bagi mahasiswa yang mau lulus ataupun tidak ada yang penasaran: ada apa aja sih di bursa karir? Ngapain aja di sana? Apa yang perlu dipersiapkan, dsb? Nah, postingan ini akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut dan sekaligus sebagai cerita pengalaman singkat mengunjungi Bursa Karir ITS tanggal 19 Maret 2014 kemarin.

Ulasan singkat mengenai Bursa Karir ITS

Tiket

Bursa Karir ITS adalah salah satu bursa karir yang populer dan selalu ramai pengunjung. Acara yang biasanya digelar di Graha ITS ini diikuti oleh banyak perusahaan untuk menawarkan lowongan kerja di perusahaan mereka.

Ohya? Apa saja perusahaannya?

Biasanya daftar perusahaannya ada (ditempel) di papan luar graha sekaligus ada denah stan-stan perusahaan tersebut. Stan-stan itu tersebar di lantai 1 graha dan pelamar bisa bertanya langsung lowongan dan syarat-syarat pendaftarannya. Ada banyak sekali perusahaan ternama di sini dan biasanya suasana sangat padat.

Denah stan lantai 1 dan daftar perusahaan

Suasana yang ramai

T_T


Selain perusahaan yang buka stan, ada juga daftar perusahaan yang menawarkan kerja secara online atau offline. Daftar perusahaan ini dapat dilihat di papan atau langsung saja menuju TKP di lantai 2.

Daftar perusahaan "online" dan "offline"


Online? Offline?

Perusahaan yang menawarkan pendaftaran secara online berarti perusahaan tersebut membuka penerimaan berkas lamaran secara langsung/secara online di tempat itu (lantai 2). Sedangkan offline berarti kita mengumpulkan berkas lamaran melaui kotak-kotak (dropbox) yang disediakan juga di lantai 2.

Pusat pendaftaran online

Ramai yang mau daftar

Pusat pendaftaran offline

Dropboxes


Untuk mendaftar secara online atau offline, biasanya kita diminta mengisi form aplikasi kerja dulu (harus beli hahaha). Setelah itu kita harus melengkapi berkas-berkas yang diminta (CV, ijasah, dsb).

"Kitir"


Whoa... Selain itu ada apa lagi?

Selain ada perusahaan yang buka stan di lantai 1 dan pendaftaran lamaran di lantai 2, ada juga perusahaan yang presentasi di tengah-tengah lantai 1. Bahkan ada jadwal perusahaan yang presentasi + waktunya. Bagi yang berminat, silakan tidak usah beranjak dari tempat ini soalnya biasanya kursi pasti penuh hahaha.

Jadwal presentasi

Lokasi presentasi biasanya di tengah


Selain itu, bagi yang ingin cari informasi lowongan lain, ada juga poster-poster iklan lowongan yang ada di lantai 2. Biasanya ada informasi lowongan dan cara mendaftarnya. Lumayan buat tambah-tambah kesempatan. :D

Tempat poster-poster lowongan

Poster-poster


Last but not least, di luar graha juga sudah sedia stan makanan dan minuman bagi pelamar yang capek seharian muter-muter di sini hahaha. Sekalian juga bisa jadi kesempatan kerja jualan bagi yang niat :D

Yum


Wah... Keren ya, Bursa Karir ini...


Iya. Pokoknya bagi yang sedang berniat cari kerja, Bursa Karir ITS adalah salah satu peluang emas untuk hunting kerja. Bagi yang baru pertama kali ke acara seperti ini, lebih baik disiapkan dulu CV dan berkas-berkas yang biasanya dibutuhkan untuk melamar. Kalau sudah di sini, sayang sekali kalau waktu dihabiskan untuk membuat CV karena belum bikin. Lebih baik digunakan untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia kerja yang diminati.

So...

Cukup sekian laporannya. Mudah-mudahan bermanfaat. Kalau ada yang kurang mungkin bisa menambahkan di kolom komentar. Tapi kalau ada pertanyaan tentang perusahaan yang lagi buka lowongan atau syarat-syarat pendaftaran, sepertinya langsung ditanyakan langsung saja ke perusahaannya hahaha.

1 comments:

sinna mengatakan...

kachew ^___^

Posting Komentar