Jumat, 16 Juli 2010

Kesimpulan "How to Become a Hacker"

Saya baru membaca artikel "How to become a hacker" by Bang Eric Steven Raymond.
Isinya... yah... tentang bagaimana caranya jadi hacker. :))

Kesimpulannya:

1. Hacker lebih dari sekedar kemampuan, namun lebih jauh lagi adalah sebuah sikap yang: terus-menerus mencari dan menggali masalah untuk dipecahkan. Dan hacker nggak menganggap itu melelahkan, malah mereka merasa tertantang dan tertarik untuk menyelesaikan masalah-masalah lain yang lebih rumit.

2. Hacker adalah kerja keras. Titik. Menjadi hacker butuh perjuangan (berdarah, kalau perlu). Jangan harap jadi hacker kalau tiap online kerjanya cuma Fesbukan.

3. Hacker adalah tentang berkontribusi bagi sesama komunitas hacker. Misalnya bantu debugging, bikin program-program open-source yang berguna. Hacker memiliki integritas dan profesionalisme yang tinggi dalam "berkerja"

4. Dan yang penting, jangan berpikir bahwa hacker hanya kerjanya mbobol komputer orang dan jadi buronan. Tapi jauh, jauh lebih tinggi dari itu.

Langkah-langkah ke sana:

1. Belajar bahasa pemrograman. Yang disarankan: mulai dengan Phyton, lalu C sebagai bahasa penyusun UNIX, lalu Perl, LISP dan Java

2. Berani pake Linux atau UNIX dan berani bereksperimen di sana

3. Ngerti programming web, minimal HTML, disarankan XHTML

4. Ngerti bahasa Inggris yang baik dan benar untuk mempermudah dokumentasi, jadi orang lain bisa mengerti program atau problem solving yang kita buat. Jangan lupa kalau bahasa internasional yang dipake adalah bahasa Inggris

5. Join forum-forum untuk belajar, misalnya forum Linux untuk belajar Linux, dll. Jangan cuma Fesbukan.

6. (Tambahan dari saya) Bisa ngetik 10 jari, hahaha. :D


Jangan bosan belajar dan teruslah penasaran.
Stay hungry, stay foolish. (Steve Jobs)

0 comments:

Posting Komentar