Senin, 30 Mei 2011

Direktori Blog SalingSilang: Portal Blogger Indonesia

Buat yang sudah lama ngeblog, kata "direktori blog" tentu saja sudah tidak asing lagi. Seperti namanya, direktori blog adalah tempat kita mendaftarkan blog-blog berdasarkan kategori blog. Bisa tentang komputer, fashion, musik, politik, dan lain-lain.

Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dengan mendaftarkan blog kita ke direktori blog, diantaranya:
1. Bisa mengetahui blog-blog lain yang memiliki tema yang sama, sehingga bisa saling mendapat informasi mengenai kategori yang sama
2. Bisa berkenalan dengan blogger lain yang memiliki kategori yang sama
3. Mempermudah mencari blog dengan tema-tema tertentu
4. Membantu peng-index-an mesin pencari sehingga blog kita lebih mudah ditemukan
5. Dan lain-lain

Karena banyak keuntungan ini, sudah sepatutnya blogger mendaftarkan blog mereka ke dorektori-direktori blog yang ada. Lagipula kebanyakan gratis, seperti technorati.com, blogtopsites.com, atau yang dari Indonesia ada blog-indonesia.com.

Nah, ngomong-ngomong tentang direktori blog Indonesia, ada satu lagi blog direktori yang baru, yaitu Direktori Blog SalingSilang. Direktori blog ini sebenarnya hanyalah merupakan salah satu layanan dari SalingSilang.com. SalingSilang adalah sebuah portal yang menjaring tren twitter, foto, facebook, dan beragam tren-tren yang datang dari orang-orang Indonesia di dunia maya.

"Tampilan depan direktori blog SalingSilang"


Menurut keterangannya di blogdir.salingsilang.com, selain untuk memudahkan pencarian blog Indonesia, direktori ini juga nantinya akan menyediakan fasilitas ranking blog. Namun, hingga tulisan ini terbit, fasilitas itu masih dalam pengembangan dan belum terealisasi.

Direktori blog SalingSilang juga melakukan crawling seperti mesin pencari (google, misalnya) melakukan pendataan web-web di cyberspace. Blog yang di-crawl adalah blog-blog Indonesia dengan catatan blog tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Mungkin suatu saat direktori blog SalingSilang akan dapat menemukan blog orang Indonesia yang memakai bahasa lain. :)

Jadi, tanpa kita mendaftar pun, blog kita (yang berbahasa Indonesia) bisa juga terdata sebagai salah satu blog Indonesia. Namun, keuntungan jika kita mendaftar adalah kita bisa melakukan klaim dan memberikan keterangan-keterangan tambahan mengenai blog kita agar lebih dikenal blogger atau pembaca lainnya.

Tunggu apa lagi, yang ngaku blogger Indonesia langsung aja daftar :) Nanti akan dapat badge yang sama seperti yang ada di halaman blog ini (sidebar kanan bawah).

1 comments:

Blog Indonesia mengatakan...

Ayo daftarkan blog kamu ke Direktori Blog Indonesia : sebuah direktori blog karya dari blogger, oleh blogger dan untuk blogger Indonesia.

Posting Komentar