Minggu, 15 Mei 2011

Pengabdian Masyarakat: Informatics Social Responsibility

Tanggal 6 - 8 Mei kemarin, Teknik Informatika punya kegiatan yang dinamakan "Informatics Social Responsibility". Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Pungging di Kabupaten Pasuruan. Peserta kegiatan adalah semua mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2010 dan beberapa panitia dari 2009++.

Nah, sejalan dengan tema kegiatan ini, yaitu “Developing Social Responsibility by Advancing Telecenter Program”, Informatics Social Responsibility itu adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang difokuskan pada 2 hal, yaitu
1. Mengembangkan teknologi informasi yang ada di Telecenter Agrotech
2. Membantu masyarakat sekitar dengan kegiatan "If I were..." (seperti "jika aku menjadi")

Apa itu Telecenter?

Intinya, Telecenter adalah program milik Depkominfo yang dimaksudkan untuk memajukan daerah-daerah di Indonesia dengan membangun infrastruktur berupa warung internet agar masyarakat setempat bisa mengembangkan dan memasarkan karyanya melalui teknologi internet tersebut. Program ini telah ada sejak beberapa tahun yang lalu dan telah dilaksanakan di berbagai daerah.

Di Desa Pungging tempat kami pengmas, ada sebuah warnet hasil program ini. Nah, kami sebagai mahasiswa Teknik Informatika, kemarin memberikan sumbangsih kami kepada masyarakat Pungging dengan "mengupgrade" warnet ini dan menyumbang sebuah perpustakaan mini untuk semakin menarik minat pengunjung.

Kegiatan pengmas yang kedua adalah kegiatan If I Were, yaitu peserta dibagi menjadi beberapa tim dan langsung terjun ke masyarakat untuk bantu-bantu. Pengalaman kemarin, sih, kegiatan yang dilakukan mencakup bersih-bersih, berkebun, berladang, bersawah (XD), mengambil susu sapi, dan lain-lain.

Dengan kegiatan semacam ini diharapkan timbul jiwa dan kepekaan sosial pada peserta dan keseluruhan elemen yang ikut pada kegiatan ini. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkenalkan nama Teknik Informatika ke masyarakat dengan memberi kontribusi nyata pada masyarakat, karena pada akhirnya kita juga akan bekerja di masyarakat dan hidup di tengah-tengah mereka.

Singkat cerita, kegiatan kemarin berakhir dengan sukses meskipun banyak juga yang sakit pada saat di sana. Maklum, cuaca sangat dingin dan ketahanan fisik dan mental tiap orang kan berbeda.


Oh ya... No photos available... Yet... T________T

0 comments:

Posting Komentar