Selasa, 18 Februari 2014

Mencari Judul Tugas Akhir

TA atau Tugas Akhir adalah salah satu syarat wajib yang harus dijalani oleh mahasiswa jika ingin lulus dari jurusan Teknik Informatika dengan gelar sarjana. TA memiliki bobot 5 sks yang harus diambil mahasiswa pada semester genap atau ganjil.

Meskipun pada umumnya TA diambil pada semester-semester akhir, persiapan TA membutuhkan waktu yang lumayan lama. Persiapan tersebut berujung pada sidang proposal TA yang menentukan apakah kita bisa memulai mengerjakan TA yang sebenarnya atau belum.

Dari pengalaman yang saya dapatkan kemarin, terdapat beberapa sifat yang harus dimiliki pada judul yang kita ajukan.


1. Sesuai dengan bidang minat
Judul yang kita ajukan harus sesuai dengan salah satu dari tiga bidang minat yang ada di Teknik Informatika, yaitu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), NCC (Net Centric Computing), atau KCV (Komputasi Cerdas dan Visualisasi). Bidang minat yang kita ambil ditentukan oleh mata kuliah yang kita ambil dari semester-semester sebelumnya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang bidang minat silakan lihat artikel ini (link).

2. Baru/memiliki inovasi
Jika judul yang pernah kita ajukan pernah diusulkan oleh mahasiswa sebelum kita, maka bisa jadi judul kita dianggap tidak original. Oleh karena itu, cari tahu judul-judul TA yang pernah diajukan di jurusan ini sebelum merancang TA kita di website monTA. Siapa tahu nanti muncul inspirasi dari membaca judul-judul TA tersebut.

Sebenarnya ada beberapa cara mencari judul TA. Pertama, kalau judul yang ingin kita ajukan sudah pernah diajukan sebelumnya, carilah inovasi agar TA versi kamu ini memiliki perbedaan dengan judul lainnya. Misalnya menggunakan perangkat pengembangan yang berbeda, atau memiliki implementasi yang berbeda. Pokoknya sebisa mungkin diberi perubahan. Selain membaca judul-judul di monTA, kita bisa juga membaca jurnal-jurnal bidang Teknik Informatika yang membahas masalah yang kita minati. Siapa tahu ada ide muncul dari sana.

Kedua, kalau sudah mentok tidak memiliki judul, konsultasi saja sama dosen-dosen untuk mencari judul TA. Biasanya, dosen memiliki banyak ide TA yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa yang tentu saja bisa diselesaikan dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki mahasiswa. Kalau ada permasalahan yang kamu minati, segera ambil topik tersebut dan biasanya dosen yang memberi ide dapat menjadi dosen pembimbing nantinya. Sehingga, konsultasi pengerjaan TA dapat dilakukan dengan dosen yang memberi ide tersebut.

3. Dapat diselesaikan
Maksudnya, dalam mengusulkan judul TA, kita juga harus yakin bahwa permasalahan yang kita ajukan harus memiliki penyelesaian yang dapat kita lakukan dalam waktu yang ditentukan. Jadi, pada saat membuat proposal TA, kita sudah mencari tahu tentang seluk beluk permasalahan yang kita ajukan. Kalau kita mengerjakan TA berbasis proyek (merancang dan mengimplementasikan perangkat lunak hingga dapat berfungsi secara utuh), maka kita harus mencari tahu bagaimana proyek tersebut dapat dikembangkan dan software-software apakah yang kita butuhkan. Setelah mencari tahu, paling tidak kita bisa merancang waktu pengerjaan TA hingga dapat diselesaikan dalam waktu minimal 3 bulan dan maksimal 1 tahun.

Terkadang ada juga kasus dimana judul TA yang diajukan pada proposal ternyata tidak dapat diimplementasikan secara sempurna pada saat masa pengerjaan TA. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya kekurangan pada perangkat lunak yang digunakan atau keterbatasan sumber daya. Kalau begini, biasanya nanti di laporan akhir/buku TA tetap ditulis apa adanya, asalkan kita sudah mengusahakan agar perangkat lunak 100% seperti yang kita ajukan. Nanti dosen akan memberikan solusi, apakah dengan penggantian judul TA, atau dengan solusi yang lain. Makanya, daripada hal ini terjadi pada saat pengerjaan, lebih baik kita sudah research pada saat masa proposal.

Akhir kata...
Setelah kita mendapat permasalahan dan judul, kita mencari dosen pembimbing untuk sebagai sumber konsultasi pada masa pengerjaan TA nantinya. Kalau bisa, dosen pembimbing adalah dosen yang mengetahui betul masalah yang kita ajukan sehingga dapat memberi masukan-masukan yang berguna agar perangkat lunak yang kita kembangkan benar-benar memiliki kemanfaatan dan diimplementasikan dengan baik dan benar. Kalau sudah mendapatkan dosen pembimbing, maka tiba saatnya pembuatan proposal TA untuk diajukan pada masa sidang proposal TA.

0 comments:

Posting Komentar