Senin, 17 Februari 2014

Tugas Akhir (TA) dan Perjalanannya


TA atau Tugas Akhir (atau skripsi) adalah tahapan yang harus dilalui setiap mahasiswa kalau ingin lulus dari jurusan Teknik Informatika ITS (dan jurusan lain hahaha). TA bisa diibaratkan sebuah final project yang dirancang, dilaksanakan, diuji, dan didokumentasikan oleh satu orang sebagai bukti bahwa dia layak mendapat gelar sarjana dan sukses menimba ilmu dari jurusan ini.

Dalam menyelesaikan TA, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa, salah satunya adalah pembuatan proposal dan sidang proposal TA. Jadi, sebelum membuat proyek TA yang sebenarnya, kita harus mengajukan usulan judul TA pada para dosen. Dosen-dosen kemudian mengadakan sidang proposal, dimana kita akan mempresentasikan proposal kita dan meyakinkan para dosen bahwa judul yang kita ajukan layak untuk diterima.

Jika kita lulus sidang tersebut, maka kita bisa memulai mengerjakan TA. Kalau tidak, maka kita harus mengusulkan judul yang lainnya.

Pada saat pengerjaan, mahasiswa akan dibantu oleh dosen pembimbing.Setelah itu, mahasiswa bisa mengajukan sidang TA kalau aplikasi yang diusulkan di proposal dan buku TA sudah kelar. Sama seperti sidang proposal, sidang TA itu bertujuan untuk menentukan apakah TA yang kita kerjakan sudah layak dan benar menurut kaidah-kaidah penulisan dan pengembangan aplikasi.

Kalau sudah dinyatakan lulus sidang TA, kita bisa mengurus yudisium atau syarat keluar institusi. (Jadi, lulus TA aja nggak cukup). Diantara syarat-syarat lulus yudisium adalah lulus TOEFL minimal 477, lulus sidang TA, lulus SKEM, jumlah SKS cukup, tidak memiliki tanggungan di perpus, dan banyak persyaratan administrasi lainnya. Untuk yudisium ini, kita cukup mengumpulkan berkas-berkas dan kemudian menunggu masa wisuda.

Barulah setelah semua tahapan selesai, kita bisa menyandang gelar S1 dari Teknik Informatika. Untuk lebih mudahnya, perjalanan TA ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini (courtesy panduan TA dari jurusan).

Proses Tugas Akhir di Teknik Informatika

Nah, karena saya barusan menjalani proses-proses di atas, saya ingin cerita sedikit pengalaman kemarin bagaiamana proses pengerjaan TA di Teknik Informatika. Pengalaman ini akan saya tulis pada artikel terpisah yang membahas tahap-tahap tertentu. Perlu dicatat bahwa pengalaman ini adalah pengalaman yang saya alami, dan bisa saja berubah di tahun ajaran yang berbeda. Anyway, saya mau nulis dulu artikelnya hahaha.

Artikel 1: Mencari Judul TA
Artikel 2: Proposal dan Sidang Proposal TA
Artikel 3: Tips Masa Pengerjaan TA
Artikel 4: Persiapan Sidang dan Sidang TA
Artikel 5: Yudisium Jurusan dan Persyaratan Wisuda
Artikel 6: Langkah-langkah Menuju Wisuda (Yudisium Institut)

0 comments:

Posting Komentar