Selasa, 17 Agustus 2010

Rangkuman Essay TD XIII: Rencana ke Depan sebagai Mahasiswa

Ya ya ya... Itulah tema essay TD XIII kali ini (TD angkatan saya, 2009). Kemarin sempat bingung mau nulis apa buat essaynya, tapi akhirnya saya bisa buat, hahaha!

Berikut ini adalah cuplikannya, saya ambil yang penting-penting saja.

Judul: “Menyelaraskan Pencapaian Akademis dan Sosial untuk Mengaplikasikannya
dalam Kehidupan Bermasyarakat”

Isi:
"...salah satu target saya dalam menjadi mahasiswa adalah mengembangkan kemampuan dan kepekaan sosial agar bisa menjadi mahasiswa yang “sesungguhnya,” namun tanpa mengabaikan tujuan utama saya belajar sebagai mahasiswa. Menggabungkan dua hal yang tampak berbeda ini, dari sisi akademis dan sosial, adalah tantangan sendiri bagi setiap mahasiswa yang secara psikologis masih melalui fase remaja tingkat akhir, karena banyaknya goncangan dalam diri mahasiswa itu sendiri dalam memilih tujuan hidupnya."

"Dengan mengembangakan kemampuan sosial, maka target kedua saya sebagai mahasiswa adalah menjadi pribadi mandiri dalam kehidupan. Kemandirian membutuhkan banyak kemampuan mental dan psikologis, namun dengan semakin berkembangnya kecerdasan sosial, maka proses ini akan menjadi mudah."

"Lebih jauh lagi, menjadi pribadi yang mandiri dapat dikembangkan menjadi pribadi yang produktif. Mandiri tidak cukup hanya bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik, namun bagaimana agar bisa berguna bagi orang lain."

"Dengan ini saya simpulkan bahwa rencana ke depan saya sebagai mahasiswa adalah menyeimbangkan kemampuan di bidang akademis dan bidang sosial, serta mengaplikasikannya di kehidupan bermasyarakat untuk turut berperan dalam memajukan bangsa."

Wow, WOW!!
Mudah-mudahan tercapai ya, Nak, cita-citamu untuk menjadi lebih baik :))

0 comments:

Posting Komentar