Senin, 16 Agustus 2010

Screening TD XIII: Same Old, Same Old

Screening adalah tahap yang harus dilalui semua calon peserta TD yang berwujud wawancara singkat. Yang ditanyakan adalah hal-hal basic seperti:
- identitas & sifat khusus
- kekurangan & kelebihan
- pengalaman organisasi dan kepanitiaan
- harapan, motivasi, dan tujuan mengikuti TD
- pertanyaan lainnya.

Tadi saya "diinterogasi" sama Mas Yoga 2007 dan Mbk Diah 2008. Cukup seru sih, bersama mereka selama 30 menit.

Yang pertama masalah identitas, nggak ada masalah. Yang bingung itu masalah kelebihan dan kekurangan karena saya merasa "sungkan" menjabarkan kelebihan-kelebihan saya, soalnya jadi terkesan nyombong gitu. Kalau kekurangan mah, banyak, tapi cuma saya kasih satu yang paling parah: SIFAT MALES SAYA.

Berikutnya pengalaman organisasi dan kepanitiaan saya yang memalukan, namun mas Yoga dengan berbaik hati berkata "Yah. Pengalaman kepanitianmu, paling nggak... sudah ada." Aww :)

Harapan, motivasi, dan tujuan TD saya jawab dengan jawaban standar. Seperti untuk menambah pengalaman dan supaya bisa diaplikasikan di kemudian hari.

Tapi kadang, suara hati itu memang sederhana, namun nyata. (Ciyeeehh) Dengan jawaban standar itu, saya harap bener-bener tercapai dan terrealisasikan.

Pelajaran yang saya dapat selama screening ini:
1. Tentang kelebihan dan kekurangan: Kelebihan belum tentu suatu hal yang membuatmu lebih baik dari orang lain, namun suatu hal yang kamu tahu kamu bisa lakukan dan bisa berhasil. Galilah dan caritahu kelebihan dan kekuranganmu, karena itu menentukan langkah-langkah yang kamu ambil untuk mencapai yang kamu inginkan. Thx mas Yoga.

2. Selama saya menjawab pertanyaan, mas Yoga dan mbak Diah sesekali mengangguk-anggukkan kepala. Saya merasa lebih nyaman berbicara karena seolah-olah mereka setuju dengan ucapan saya. Ini bisa jadi tips bagus kalau lagi bicara ke/ mendengar orang lain.

0 comments:

Posting Komentar