Selasa, 19 Januari 2010

Sejarah vikachew09


Kenapa dinamai vikachew09?
Sebenarnya blog ini dulunya mau dikasih nama vikachew[dot]blogspot[com]. Tapi apa daya, alamat tidak tersedia, jadi ditambahkan "09" di belakangnya.
 

09 itu adalah angkatan saya di kampus (angkatan 2009), dan banyak juga teman/ senior yang menambahkan dua digit terakhir tahun angkatan di belakang namanya sebagai identifikasi. Jadi 09 sepertinya cocok...

Kenapa bikin blog ini?
Mungkin tujuan asli membuat blog ini, sudah saya singgung di postingan perdana (hohoho), yaitu mengusir kebosanan dan kejenuhan. Pada saat itu Ujian Akhir Semester sedang menghantui di saat banyak tugas yang belum kelar. Saya bete.
 

Makanya saya buat blog. Itung-itung bisa nostalgia masa lalu dan ada kerjaan untuk dilakukan daripada bengong di kosan.


Blog ini isinya tentang apa?
Awalnya, kebanyakan postingan saya adalah tentang bagaimana rasanya kuliah, atau apa saja yang ada di kosan, atau hal-hal sepele namun unik semacam itu. Lalu setelah blogging beberapa minggu, mulai bingung mana yang mau ditulis/ di-post, atau mana yang tidak.
 

Terlalu banyak ide yang mau ditulis, terutama setelah blogwalking dan membaca banyak hal di blog-blog lain. Ada blog yang isinya puisi melulu, ada yang khusus ngebahas soal makanan, dll... Banyak dan bervariatif, namun tiap blog mempunyai tema tulisan yang berbeda satu sama lain dan mereka konsisten pada tulisan itu.
 

Dari sekian jenis blog, yang menarik perhatian saya adalah blog tentang tutorial blogging dan bisnis-online. Kenapa? Karena yang komen banyak, hahaha...
 

Anyway...
 

Karena kebanyakan ide tadi, saya harus pilah dan pilih, ide mana yang "sejalan" dengan tujuan blog saya, supaya tulisan saya nggak nerawang kemana-mana.
 

Artinya, vikachew09 harus punya genre.
 

Oleh karena itu, buat menentukan isi dari blog ini, saya mempertimbangkan beberapa hal:
 

1. Satu
Yang jelas blog ini bukan untuk ngasi tutorial atau ngajari bisnis online, karena
- sudah banyak situs-situs atau blog yang mengulas masalah how-to tentang blog dsb, sehingga akan lebih bijak kalau mengunjungi situs yang sudah ada daripada menulis ulang yang sudah diketahui
- saya ngga pintar bisnis :D
    2. Dua
    Tujuan awal blog ini, yaitu mengusir kejenuhan di kampus...
     

    3. Tiga
    Alasan memakai nama 09, yaitu sebagai identitas di kampus.

    Dari tiga alasan di atas, saya menyimpulkan dan tegaskan pada diri sendiri, tentang apa yang akan ditulis di blog ini. Yaitu akan mengangkat kegiatan yang ada hubungannya dengan perkuliahan. Entah itu kampus, tugas, liburan, kosan, teman, dan apapun yang masih nyambung.
     

    Plus tentu saja tentang blogging...
     

    Rasanya itu yang paling pas, ya? Lagipula blog ini memang blog personal kok. Seharusnya memang untuk membahas apa yang saya alami dan ketahui.
     

    Satu harapan saya, mudah-mudahan tetap bisa nulis, aamiin...

    credits: www.arts.yorku.ca and factoidz.com

    0 comments:

    Posting Komentar