Kamis, 28 Januari 2010

Masalahmu Belum Ada Apa-apanya



[tulisan untuk menyemangati diri sendiri]

Tiap orang punya masalah yang berbeda, ada yang kecil atau besar, yang jelas nggak ada satupun manusia yang ngga punya masalah.

Masalahnya pun beragam. Cara menemukannya pun gampang. Lihat aja TV.

Ada anak yang ngga punya saluran empedu, ada perkampungan yang krisis air, ada keluarga yang kelaparan... Pokoknya sesuatu yang ngga pernah kita bayangkan, atau bahkan yang belum pernah kita alami, ada di TV.

Yang unik dari masalah-masalah yang ada di TV, adalah masalah luar biasa yang menurut saya tidak semua orang bisa menanggungnya. Meskipun masalah bisa tidaknya manusia dikasih cobaan itu terserah Tuhan.

Terus selain di TV, lihat saja sekeliling. Banyak anak jalanan yang (mungkin) ngga sekolah. Mungkin masalah yang ada di kepalanya adalah "gimana caranya dapat uang buat bantu ibu dan ayah di rumah", atau kakek-kakek tua yang berjualan di pinggir jalan. Barangkali yang terus menjadi beban pikirannya adalah "gimana dapat makan malam ini"

Masalah-masalah di sekitar kita nggak jarang merupakan masalah yang belum tentu bisa kita tanggung, atau belum pernah kita alami. Saya ngga bisa membayangkan jika saya berada di posisi mereka, apakah saya kuat?

Seharusnya saya lebih bisa bersyukur terhadap keadaan saya sekarang ini, yang HANYA dihantui dengan masalah perkuliahan. Yang lain ngga usah khawatir. Ada ATM dari ortu kalau bokek, ada asrama buat berteduh, banyak warung kalau lagi kelaparan...

Tapi kadang rasanya dikasih beban dikit aja udah ngeluh. Disuruh menghadap dosen aja udah kepikiran yang nggak-nggak, disuruh kenalan sama senior aja bermalam-malam ngga bisa tidur.

"Masalahmu, lho Nak, nggak seberat masalah banyak orang lain di dunia ini."

Syukuri aja hidup, buat yang terbaik untuk mengabdi sama Tuhan, bermanfaat bagi orang lain. Ngga perlu yang heroik-heroik, bantu sesamamu walau cuma bantu doa...

Jangan tangisi masalahmu karena masalahmu belum ada apa-apanya sama masalah orang-orang hebat...

credits: userserve-ak.last.fm

1 comments:

Alya Desyanti mengatakan...

kak blognya nambah wawasan banget buat maba ITS nih kak, seharian aku blogwalking nih, makasih postingannya kren keren lagi :)

Posting Komentar