Sabtu, 30 Januari 2010

PKM GT: Membuat Fiksi Menjadi Nyata Lewat Karya Tulis

Di Its, mahasiswa (baru) diwajibkan untuk membuat karya tulis yang dinamai PKM. Karya tulisnya pun ada bermacam-macam. Ada penelitian, studi literatur, dlldll. Semua karya tulis yang berbeda itu ditampung di jenis PKM yang berbeda juga.

Di jurusan saya yang diwajibkan hanya PKM GT (gagasan tertulis). Maksudnya kita menyumbangkan ide/ gagasan dalam format karya tulis. Idenya adalah sesuatu yang belum pernah ada dan bermanfaat dan bisa direalisasikan...

Pertamanya sempat ribet juga untuk mencari kelompok, karena ketentuan kelompok PKM adalah 2-3 orang yang lintas angkatan. Alhamdulillah ada kakak (mbak tia) yang mau berbaik hati menjadi kelompok kami (saya dan Siska).

Lalu kami membuat tema, kira-kira apa yang akan ditulis. Akhirnya Siska dengan background dunia peternakan menyumbangkan idenya dan kami setuju. Akhirnya PKMnya jadi dalam waktu yang ditentukan. Thanks berat, Sis!

Karya itu lalu dikoreksi sama mas/ mbak asisten dari HMTC (himpunan) bidang Departemen ristek (riset dan teknologi) untuk dikoreksi dll. Kalau ada revisi kami akan diberitahu dan disuruh perbaiki. Begitu terus berulang-ulang.

Yang perlu diperhatikan dari PKM adalah harus mencari dosen pembimbing, karena tanpa dosen pembimbing, karya kita tidak bisa dikirim. Rencananya nanti setelah disetujui, akan ada presentasi tingkat jurusan, lalu fakultas, lalu institut, terus ke PIMNAS, yang tahun depan akan diadakan di Bali..

Nggak tahu juga kalau ada ralat nanti. Sekarang kami baru nyampe tahap pengumpulan.

ilustrasi: static.howstuffworks.com

0 comments:

Posting Komentar