Kamis, 28 Januari 2010

FRS: Formulir Rencana Studi




Tiap awal semester, mahasiswa wajib ber-frs, singkatan dari formulir rencana studi. Artinya, mahasiswa menentukan mata kuliah apa yang bakal diambil untuk semester tersebut.

Nggak mudah milih mata kuliah yang pas, karena bisa jadi mata kuliah satu dan lainnya ada yang bentrok, jadwalnya sama di satu waktu. Jadi kudu pilah dan pilih yang teliti.

Trus daya tampung per kelas juga terbatas, jadi kalo ngga cepet bakal keduluan.

Kemarin Senin saya frs-an.. Bayangan saya, kudu datang dini hari buat bisa frs-an dan dapat jadwal yang bagus. Ternyata temen-temen rata-rata datang jam 7 dan waktu saya datang jam setengah 9, masih ada kelas yang bagus dan daya tampungnya sisa.

Yang perlu diperhatikan juga saat frs adalah nilai IPS (indeks prestasi semester), nilai IP ini menentukan berapa SKS yang bisa diambil.

Kemarin susahnya, bisa ambil 24 sks tapi ngga tau apa yang mesti diambil buat nambah sisa sks, kan sayang... Akhirnya ambil bahasa indonesia dan pengantar ilmu lingkungan yang sebenarnya baru bisa diambil semester 4.

Woa... Lumayan susah nentukan jadwal.. kudu mikir.. Terus belum lagi menghadap dosen wali buat menyetujui jadwal atau mengganti jadwal kalau ada yang bentrok.

Belum lagi kadang jadwal berubah dan harus nge-cek lagi...

Great...

credits: craveonline.com

0 comments:

Posting Komentar